ISTIQOMAH, ISTIQARAH, dan ISTIGHFAR






Assalamualaikum  sahabat TMSI.
Gimana kabar semuanya  hari ini? 😊 Semoga kabar baik untuk kita semua dan semoga kita selalu diberikan rahmat dan hidayahnya dari Allah SWT. Aamiin. 
Yapps, pada kesempatan hari ini kami akan memberikan sebuah artikel yang sangat bermanfaat yakni istiqomah,istiqarah, dan istighfar.


Rasulullah SAW senantiasa memberikan arahan kepada umatnya untuk beriman kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, Rasulullah SAW juga menjadi contoh yang baik bagi umat Islam. Oleh karena itu, Nabi Muhammad seringkali memberi petuah atau amanat kepada umatnya. Dari amanat – amanat yang pernah diberikan oleh Nabi Muhammad itu, berikut adalah 3 diantaranya:

1. ISTIQOMAH
   
Istiqomah yaitu kokoh dalam aqidah dan konsisten dalam iman. Sikap istiqomah ini telah ditunjukkan oleh Rasulullah hingga beliau meninggal. Hal ini sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW:
Artinya : “Dari Abu ‘Amr, dan ada yang mengatakan dari Abu ‘Amrah Sufyân bin ‘Abdillâh ats-Tsaqafi Radhiyallahu anhu, yang berkata : “Aku berkata, ‘Ya Rasulullah! Katakanlah kepadaku dalam Islam sebuah perkataan yang tidak aku tanyakan kepada orang selain engkau.’ Beliau menjawab, ‘Katakanlah, ‘Aku beriman kepada Allah Azza wa Jalla,’ kemudian istiqâmahlah.” (H.R Muslim)



2. ISTIQARAH

Istiqarah yaitu selalu meminta petunjuk dalam melangkah serta selalu mempertimbangkan keputusan dan tindakan. Rasulullah SAW bersabda kaitannya dengan istiqarah:
 



Artinya : “Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya" (H.R Bukhari dan Muslim).
Hadist tersebut juga sesuai dengan pepatah bahasa inggris “Think today, speak tomorrow.

Adapun hadist lainnya, dari Sahl bin Sa'd radhiyallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,


Artinya : "Jibril mendatangiku lalu berkata, "Wahai Muhammad! Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati, cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya dan berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya." Kemudian dia berkata, "Wahai Muhammad! Kemuliaan seorang mukmin adalah berdirinya dia pada malam hari (untuk shalat malam), dan keperkasaannya adalah ketidakbutuhannya terhadap manusia." (H.R. Ath-Thabarani, Abu Nu'aim dan Al-Hakim


3. ISTIGHFAR

Istighafar yaitu selalu intropeksi diri dan selalu berserah diri kepada Allah SWT. Intropeksi disini maksudnya adalah intropeksi untuk menuju masa depan yang penuh dengan keridhaan Allat SWT. Hal ini sebagaimana friman Allah SWT:


 

Artinya : Dan (Hud berkata): Hai kaumku! Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang lebat kepadamu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa”.(QS. Hud,11:52)



Oleh karena itu, mari kita menerapkannya dalam kehidupan sehari - hari agar menjadi insan islami yang sukses dunia maupun akhirat.
Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman lainya ya....😄

Baca Juga ARTIKEL:

Bagi teman-teman yang ingin mengirimkan artikel atau ceritanya ke Website TMSI. Silahkan kirimkan melalui Email : tmsi.smangat@gmail.com

Sekian, Wassalamualaikum.


INGAT! Kiriman Bermanfaat Kalian Adalah Sebuah Ladang Pahala!

Reporter By PTIK 2017

 Support by : SMAN 1 SRENGAT | TMSI SMANGAT




0 Response to "ISTIQOMAH, ISTIQARAH, dan ISTIGHFAR"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^