Kaderisasi Kepemimpinan Islam 2021


 Assalamu’alaikumWr. Wb

            Hallo sobat TMSI semuanyaa…  Bagaimana kabarnya kalian semua para sobat TMSI? Semoga Allah selalu memberikan kesehatan pada kita semua. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit bercerita tentang proker dari sie PSDM yaitu KKI.

                        Yukk kita simak apasih KKI itu? Yaa… KKI adalah singkatan dari Kaderisasi Kepemimpinan Islam. Acara ini adalah acara wajib yang bertujuan untuk menguatkan mental dan memantapkan niat dalam berorganisasi. Tema KKI tahun ini yaitu “ Membentuk kader yang disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki jiwa kerja sama yang tinggi”. Artinya berani bertanggung jawab,  mengemban amanat serta tugas yang diberikan. Merasa ikut memiliki, wajib ikut menjaga / membela serta selalu memiliki jiwa kerja sama antar sesama anggotanya. Dengan adanya tema tersebut diharapkan agar anggota TMSI dapat memiliki rasa kerja sama yang tinggi terhadap sesama anggota dan disiplin dalam segala hal.

             Diadakannya KKI ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan dan kekompakan antar anggota TMSI untuk melatih tanggung jawab pada diri anggota, kedisiplinan, dan juga untuk menumbuhkan calon bibit generasi muda yang berjiwa kepemimpinan serta dapat mengemban amanat yang diberikan agar berguna untuk masa yang akan datang.

            KKI pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 04-05 September 2021. Kegiatan KKI ini dilaksanakan dua hari yaitu KKID pada hari pertama dan yang seharusnya KKIP pada hari kedua namun kali ini berbeda dengan yang biasanya karena pada kali ini KKID lah yang dilaksanakan secara dua hari.

             Pada hari Sabtu, 4 September 2021 TMSI SMANGAT mengadakan KKI yang pesertanya adalah anggota TMSI kelas 10. Kegiatan ini diawali dengan presensi pada pukul 07.00. Alhamdulillah, pada hari pertama tidak ada peserta yang terlambat. Setelah presensi dilanjutkan dengan pembukaan, dan pada pukul 07.25 dilakukan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh salah satu anggota TMSI. Selanjutnya adalah pembukaan oleh ketua pelaksana, pembina TMSI, dan kepala sekolah. Pada pukul 08.05 dilaksanakannya doa. Selanjutnya adalah waktunya PK masing-masing kelompok memperkenalkan diri juga memberikan materi kepada peserta di kelompoknya. Lalu, dilanjutkan dengan pengecekan ATK oleh tim tata tertib yang membacakan satu persatu ATK, yang diikuti peserta dengan menunjukkan ATK yang dibacakan. Setelah pengecekan ATK selesai, dilanjutkan dengan materi yang pertama tentang Kepemimpinan yang selesai pada pukul 09.45 dan dilanjutkan pada materi yang kedua adalah tentang adab yang sangat berguna juga untuk kehidupan kita sehari-hari. Pada pukul 10.30 dilaksanakan pengecekan tugas dan Muraqqi. Kemudian peserta akan diberi pengumuman. Setelah pengumuman selesai, peserta dipersilahkan untuk makan siang dengan bekal yang mereka bawa dari rumah. Pada pukul 11.40 dilaksanakan salat Zuhur secara berjamaah. Selanjutnya adalah saatnya pendinginan dan juga penutupan untuk acara hari pertama. KKI hari pertama berakhir pukul 12.30.      

          Pada hari kedua yaitu pada Minggu, 5 September 2021 yang juga diawali dengan presensi pada pukul 07.00. Namun, sayangnya  pada KKI hari kedua ada peserta yang terlambat. Setelah presensi selesai dilanjutkan dengan pengecekan ATK oleh tim tata tertib. Pukul 07.35 adalah saatnya pembukaan. Dilanjutkan dengan materi tentang TMSI oleh pemateri. Setelah materi selesai dilanjutkan dengan ice breaking yang diisi dengan game-game yang tentu saja sangat seru. Pukul 09.00 adalah saatnya pengecekan tugas peserta. Lalu peserta mengikuti game-game dari panitia lagi. Dilanjutkan dengan istirahat dan juga makan siang. Yang terakhir adalah penutupan acara dan KKI hari kedua berakhir pada pukul 11.05. Setelah acara ditutup, kami semua melaksanakan foto bersama. yeeyyyy… :)

            Alhamdulillah, KKI tahun ini sangat luar biasa seru dan sangat istimewa. Semoga dengan adanya acara KKI ini baik dari panitia maupun peserta dapat mengambil nilai-nilai positif yang kita rasakan selama menjalankan KKI. Sehingga, kita bisa mencapai tujuan yang telah kita rancang pada acara KKI tersebut. Aamiin... 

Waalaikumsalam Wr.Wb

Beberapa dokumentasi KKID 2021



https://drive.google.com/drive/folders/1ciqcYbNzH04FcsORpQrxx4CAt1vsV4oC?usp=sharing