Sinergikan Kinerja Organisasi dalam Naungan Keislaman



Assalamu’alaikum Wr. Wb. 
Kali ini kami dari Sie PSDM TMSI SMANGAT periode 2018/2019 akan berbagi cerita tentang kegiatan yang baru saja  kami laksanakan yakni  Kegiatan Outdoor yang berlangsung pada hari Minggu, 3 Februari 2019 dengan tema “Sinergikan Kinerja Organisasi dalam Naungan Keislaman”. Sebelumnya apa sih outdoor itu?. Outdoor adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan di luar ruangan/di alam terbuka. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran, sarana hiburan baik itu dengan keluarga maupun dengan teman. Dengan melihat uraian tersebut, maka dapat diketahui bahwa outdoor memiliki banyak manfaat. Antara lain melatih kita untuk lebih dekat dengan alam, melatih kita untuk bekerja sama. Dengan begitu, katerampilan komunikasi antar anggota akan diasah.


     Dengan melihat banyaknya manfaat outdoor, maka Sie PSDM TMSI akan mengadakan kegiatan outdoor tersebut. Yang tujuannya meningkatkan kebersamaan antar anggota TMSI. Kegiatan outdoor juga dikemas dengan permainan-permainan yang bersifat kelompok. Oleh karena itu, kami berharap bahwa dengan kegiatan outdoor ini akan melatih kembali kontak komunikasi antar sesama dan menumbuhkan lagi rasa cinta kepada alam.
       Kegiatan Outdoor ini diawali dengan absensi pukul 06.45 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan sholat dhuha. Setelah itu, Ulia Asmaul Khusna dan Alfina Nur Istiqomah selaku pembawa acara membuka acara outdoor. Setelah pembukaan selesai, dilanjutkan dengan kegiatan sarapan bersama sie nya masing-masing. Selesai sarapan, peserta outdoor menuju ke lapangan upacara untuk melakukan permainan yang pertama. Permainan ini disebut juga pertempuran naga atau istilah kerennya “Dragon war”. Permainan ini bisa dibilang sangat seru dan menggelikan , karena dilakukan bersama-sama. Teknis permainannya yakni dengan berbaris satu sie dan semua sie yang telah berbaris membentuk formasi jaring laba-laba. Tugas sie dalam barisan tesebut adalah mempertahankan balon yang ada di belakang (ekor naga).Pemimpin barisan (kepala naga) berusaha mencari strategi untuk memecahkan balon lawan. Sie yang mampu mempertahankan balonnya merekalah pemenangnya.

Dragon War

     Setelah permainan pertama usai, lanjut ke permainan kedua yakni namanya adalah Kereta Balon. Medianya masih sama dengan sebelumnya yaitu menggunakan balon. Teknis permainannya yaitu setiap sie harus mengeluarkan perwakilannya sebanyak 4 orang. 4 orang tersebut membentuk barisan ke belakang. Kemudian panitia memberikan balon di antara anggota yang berbaris tersebut. Aturannya yaitu barisan harus mempertahankan balon yang ada di sela-sela anggota agar tidak jatuh dan meletus. Tidak boleh menggunakan tangan. Barisan tersebut harus berjalan dari start ke finish. Sie yang tercepat sampai finish dan bisa mempertahankan balonnya adalah sie yang menang.

      Masih pada tempat yang sama yakni di lapangan upacara. Panitia mengarahkan peserta untuk istirahat sejenak. Setelah melepas lelah , panitia mengarahkan kembali para peserta untuk melanjutkan permainan ketiga. Permainan ketiga ini tidak lagi memakai media balon , nama permainan ini adalah big foot. Jangan salah paham dulu , ini bukan makan besar lo ya foot nya pakai ‘t’ bukan ‘d’. Kalau dilihat dari artinya kaki besar(maksud dari kaki besar karena permainan ini membutuhkan kekuatan kaki). Teknis permainannya yaitu setiap sie harus mengeluarkan 4 anggota sebagai perwakilan. 1 dari 4 orang itu bertugas untuk mengikat 3 anggota lainnya menjadi 1 dengan posisi badan saling membelakangi .Aturannya yakni masing-masing sie harus berlari bersamaan dengan badan terikat,menggunakan kekuatan kaki untuk berlari dan untuk mempertahankan badan agar tidak jatuh. Bagi sie yang tercepat mencapai finish dengan badan yang masih saling terikat merekalah pemenangnya.
Selanjutnya, panitia mengarahkan para peserta ke taman tengah untuk melanjutkan permainan berikutnya. Dengan tempat yang berbeda dan dengan permainan yang berbeda juga yakni menggunakan media air. Dimana permainan ini disebut dengan Estafet air.Dalam permainan ini pertama dilakukan oleh 3 sie secara bersamaan. Setiap sie berbaris ke belakang dan anggota yang paling depan mengambil air dari kran kemudian di taruh di dalam gelas yang sudah dilubangi kemudian disalurkan kepada anggota yang ada di belakangnya sampai ke anggota yang paling belakang. Anggota yang paling belakang tersebut menuangkan airnya ke dalam baskom yang telah disiapkan. Selanjutnya, anggota yang paling belakang beralih ke barisan paling depan untuk mengambil air dan disalurkan ke anggota dibelakangnya. Kegiatan tersebut terus dilakukan sampai waktu yang telah ditentukan panitia habis. Bagi sie yang mengumpulkan air  paling banyak merekalah pemenangnya.

Permainan Estafet Air
Permainan Estafet Air

Setelah permainan estafet air selesai dilanjutkan ke permainan selanjutnya. Namanya hampir sama seperti permainan sebelumya tetapi juga ya tidak sama hehehe. Kira-kira apa hayo namanya ? Medianya sih dari sarung. Kalau tadi kan medianya dari air disebut dengan estafet air, jadi nama dari permainan ini disebut dengan estafet sarung. Permainan ini diwakilkan 5 orang dari setiap sie. Setiap sie diberikan 1 sarung oleh panitia. Teknis permainannya yaitu 5 orang tersebut saling bergandengan tangan. Sarung diletakkan di bawah saat permainan dimulai orang yang paling ujung kanan langsung memasukkan sarung tersebut dari kaki kemudian disalurkan ke anggota di samping-sampingnya dengan syarat sarung tidak boleh dipegang tangan, tangan harus tetap dalam keadaan bergandengan tangan . Sarung terus disalurkan sampai anggota yang paling akhir bagi yang tercepat maka sie tersebut pemenangnya.

Permainan Estafet Sarung
Permainan Estafet Sarung

Selanjutnya, permainan ini adalah permainan yang terakhir dan berbeda. Permainan ini menggunakan media musik dan kursi. Kalian pasti bingung apa sih hubungannya music dan kursi? Apa hayooo. Kami jelaskan hubungannya karena permainannya butuh mereka berdua hehehe. Maksutnya gini permainan yang dimaksut namanya adalah holic. Pasti sudah nggak asing lagi ya. Tetapi holic disini berbeda seperti biasanya, holic ini ada tambahannya yaitu ditambah kursi. Teknis permainannya yaitu setiap sie menunjuk salah satu anggotanya untuk menjadi pemandu saat holic. Setelah itu, panitia menyiapkan kursi di depan barisan sie. Saat music diputar para pemandu langsung siap dengan gerakannya dan anggota yang lain mengikutinya. Jika music dimatikan oleh panitia maka pemandu tersebut harus lari dan langsung duduk di kursi yang telah disediakan. Jika ada pemandu yang tidak mendapat kursi maka satu sie dari pemandu tersebut dinyatakan kalah. Kegiatan ini dilakukan terus menerus. Bagi sie yang berhasil menduduki kursi sampai tahap akhir berarti merekalah pemenangnya.
Permainan Holic
Permainan Holic
Dengan usainya permainan tersebut tidak mengakhiri kegiatan hari ini, para peserta diberikan waktu untuk berganti pakaian. Setelah itu, semua peserta diarahkan untuk melaksankan Sholat Dzuhur berjamaah. Setelah berjamaah panitia mengarahkan para peserta untuk menempati tempat di serambi masjid yang telah dibagi oleh panitia per sie. Disana mereka mulai membuat rujak dengan alat dan bahan yang telah dibawannya. Setelah jadi, baru mereka makan rujak buah yang baru saja mereka buat bersama.
Setelah semua kegiatan selesai, tibalah saat-saat yang sangat ditunggu, yaitu penyerahan penghargaan anggota teladan dan pemenang dari lomba-lomba yang telah dilaksanakan dan juga pengumuman sie terkompak. Dan selamat kepada anggota teladan dari kelas 11 yaitu ZALFA dan DARIS. Selamat juga kepada anggota teladan dari kelas 10 yaitu AQIN dan HELLEN. Dari lomba-lomba yang telah dilaksanakan pemenangnya diperoleh SIE IBADAH dan untuk sie terkompak diperoleh SIE ROHIS. Selamat untuk semua yang terpilih semoga bisa menjadi motivasi untuk yang lain.
       Demikian sedikit cerita yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan juga kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.


Follow Us :
Instagram : @officialtmsi


Support By :
TMSI SMANGAT


0 Response to "Sinergikan Kinerja Organisasi dalam Naungan Keislaman"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^