KKI 2018/2019 “Mulat Sarira Hangrasa Wani, Rumangsa Melu Handarbeni, Wajib Melu Hangrungkebi”


Foto bersama (panitia dan peserta)
Foto bersama (panitia dan peserta)

Assalamu’alaikumWr. Wb.

            Hallo sobat TMSI semuanyaa…  Kita kembali lagi nih, dan pastinya ada hal baru yaa.. Kali ini kita mau cerita tentang acara KKI yang dilaksanakan pada 15 – 16 September 2018 kemarin.
            Yukk kita simak apasih KKI itu? Yaa… KKI adalah singkatan dari Kaderisasi Kepemimpinan Islam. Acara ini adalah acara wajib yang bertujuan untuk menguatkan mental dan memantapkan niat dalam berorganisasi. Tema KKI tahun ini yaitu “Mulat Sarira Hangrasa Wani, Rumangsa Melu Handarbeni, Wajib Melu Hangrungkebi”, artinya Berani mawas diri, Merasa ikut memiliki, Wajib ikut menjaga / membela. Dengan adanya tema tersebut diharapkan agar anggota Ta’mir bisa introspeksi diri untuk menjaga dan memebela masjid di manapun.

            KKI pada tahun ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 September 2018. Kegiatan diawali dengan absensi peserta pukul 14.30, kemudian dilanjutkan sholat Ashar berjama’ah. Setelah melaksanakan sholat Ashar, peserta segera menuju lapangan basket untuk pengecekan ATK. Setiap peserta berbaris sesuai sie masing – masing, lalu salah satu tim tata tertib membacakan daftar ATK, sedangkan perserta menunjukkan ATK yang disebutkan.

pengecekan ATK
pengecekan ATK

            Setelah pengecekan ATK selesai, peserta segera menuju basecamp masing – masing. Setelah menata tempat untuk tidur, mereka menuju masjid kembali untuk melaksanakan sholat Maghrib. Sambil menunggu acara selanjutnya yaitu makan bersama, para peserta bermain game bersama panitia. Saat yang ditunggu pun tiba, yaitu makan malam bersama. Sebelum makan, tidak lupa mereka berdo’a dan mengucap syukur kepada Allah SWT. Setelah makan mereka segera mengambil wudhu dan melaksanakan sholat Isya’. Acara dilanjutkan dengan sharing alumni.
            Menuju penghujung acara hari sabtu yaitu pentas seni. Semua peserta dan panitia menuju lapangan basket, di sana sudah disediakan panggung dengan penataan yang indah. Pensi diawali dengan penampilan dari sie PTIK dan diakhiri dengan penampilan sie PHBI. Acaranya sangat seru dan best lah pokoknya. Tibalah waktunya untuk tidur. Tepat tengah malam para peserta bangun untuk melaksanakan sholat malam, lalu dikumpulkan di taman depan. Di sana seluruh peserta ditutup matanya dengan kain hitam dan menunggu giliran untuk jelajah malam.
penampilan pensi pertama oleh sie PTIK
penampilan pensi pertama oleh sie PTIK

            Kenangan yang tidak terlupakan adalah saat jelajah malam, karena baru pertama kali di KKI ada jelajah malam. Konsep jelajah malam ini adalah adanya hantu – hantu, yang mana hantu – hantu di sini sebenarnya adalah panitia sendiri. Meskipun begitu, sudah cukup membuat seluruh peserta ketakutan. Pada saat itu juga semua lampu di penjuru sekolah dimatikan, sebagai penerangnya hanya menggunakan lilin – lilin. Hal ini menambah kesan horror dalam jelajah malam. Dalam kegelapan malam yang hanya diterangi cahaya remang – remang dari  lilin (puitis banget ^-^) para peserta diminta mencari petunjuk untuk menuju pos – pos tujuan. Well, sebenarnya masih banyak sih cerita yang lain tentang jelajah malam ini, tapi di skip dulu ya readers… J
            Keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah dan sarapan. Untuk sarapan, semua peserta diminta berkumpul di lapangan basket. Setelah sarapan, panitia memberikan intruksi kepada para peserta untuk berkumpul di lapangan volley. Tau nggak di situ kita mau ngapain ? ternyata kita di situ akan melaksanakan kegiatan berikutnya yaitu jelajah “lagi”. Eittss, tapi jelajah yang satu ini nggak seperti jelajah malam lo yaaa..J Jelajah pagi ini kita Cuma seru – seruan kok. Kenapa seru ? karena kita main game / outbond, wiiihhh.. ^-^ . okee lanjuutt, setelah jelajah selesai, dilanjutkan dengan penampilan yel – yel dari setiap sie. Kekompakan dan keseruan kami sangat terlihat pada saat itu, baik dari panitia maupun peserta. Sehingga menambah suasana kekeluargaan serta tali persaudaraan yang kuat. Terharuu dehh…. setelah kegiatan outbond dan yel - yel selesai, seluruh peserta membersihkan diri dan kemudian kembali lagi ke lapangan basket untuk Rujakan
kuis pemberangkatan jelajah
kuis pemberangkatan jelajah
persiapan rujakan
persiapan rujakan

           
Dan yang terakhir… waktu yang ditunggu – tunggu pun tiba. Puncak KKI hampir usai. Dan saat yang paling mendebarkan adalaaahhh…. Jeng jeng jeng, pengumuman sie terbaik yang di raih oleh sie SBI, sie terkompak oleh Sie PHBI, pemenang lomba yel – yel oleh Sie PHBI, Pemenang lomba Twibbon oleh Fithana dan Ikhsan. Setelah acara ditutup, kami semua melaksanakan foto bersamaaa… yeeyyyy…..

sie terbaik
sie terbaik
sie terkompak + pemenang lomba yel"
sie terkompak + pemenang lomba yel"
kakak - kakak tim ketertiban
kakak - kakak tim ketertiban

            Alhamdulillah, KKI tahun ini sangat luar biasa seru dan sangat istimewa. Semoga dengan adanya acara KKI ini baik dari panitia maupun peserta dapat mengambil nilai – nilai positif yang kita rasakan selama menjalankan KKI. Sehingga, kita bisa menghilangkan sikap – sikap negative dari diri kita, dan membentuk karakter baik seperti rasa disiplin, tanggung jawab, beradab, serta bermanfaat bagi orang lain, agama, dan bangsa. Sekian cerita dari kami, semoga bermanfaat and…

See You in KKI Next Year…… ^-^

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kesan – Pesan dan Kritik – Saran

Ø Mas Riza Brandon M.
Kesan dan Pesan : untuk acara secara keseluruhan bagus dan menarik, sudah mengalami perubahan yang lebih baik dari KKI di tahun – tahun sebelumnya, kedepannya kami(alumni) harapkan ada inovasi – inovasiterbarudarianggotaaktifdalammengemas KKI yang lebihbaik, kreatif, dan inovatif untuk mencetak anggota yang memiliki komitmen tinggi sebagai Ta’mir Masjid Syi’arul Islam.

Ø Mas Harits Abdullah Umar
Kesan dan Pesan :Alhamdulillah sudah cukup bagus, seru, menarik. Untuk kedepannya bias ditingkatkan lagi, hasil evaluasi mohon tidak sampai terulang lagi kesalahannya.
Kritik dan Saran :untuk panitia diharapkan di setiap kegiatan muncul semuanya, biar lebih rame.

Ø Mas Shaharul Nizham
Kritik : secara keseluruhan acaranya sudah bagus. Berbagai kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan organisasi kedepannya. Namun, dari segi kehadiran alumni sangat minim.
Saran : Kedepannya harap ditingkatkan lagi upaya untuk menghadirkan alumni. Karena banyak sekali yang bisa didapat dari alumni. Terutama alumni yang sudah senior.

Ø Mas Bayu
Pesan :untuk TMSI jangan pernah berhenti untuk memperbaiki diri, semoga kedepannya semakin menjadi organisasi yang lebih baik. Aamiin.
Kritik : ATK yang ditanggungkan ke peserta lebih baik yang berkenaan langsung dengan kebutuhan peserta KKI dilaksanakan, seperti ATK yang mengharuskan jajan itu menurut saya terlalu memaksakan karena terlalu banyak dan cenderung tidak untuk kebutuhan peserta.
Saran : Sebaiknya untuk kedepannya lagi mohon diperhatikan kebutuhan peserta sebagai acuan untuk ATK.

Ø  Mas Adzom
Kritik : Secara umum, KKI kemarin sudah baik, tapi ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan.
1.      Waktu tidur peserta sangat kurang, hanya 1,5 jam. Ini bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan peserta.
2.      Untuk renungan dan jelajah, konsep sepertinya kurang fokus pada inti dari renungan itu sendiri dan menambahkan elemen – elemen yang akhirnya malah mengaburkan tujuan dari renungan. Sehingga, peserta lebih mengingat elemen tambahan tersebut dari pada isi renungannya.
Saran :
1.      Tambahkan waktu untuk tidur malam, sehingga peserta bisa lebih fit untuk kegiatan esok hari dan tidak terlalu kelelahan pada hari Seninnya.
2.      Konsep renungan hendaknya fokus pada tujuan dari renungan tersebut. Tidak perlu ditambahkan hal – hal yang malah mengaburkan tujuan renungan.
3.      Perbanyak kegiatan Pra-KKI, tidak sekedar materi, tapi juga anggota baru diajak mengikuti kegiatan sehari – hari ta’mir seperti kerja bakti., menghimpun kotak amal, menyiapkan masjid untuk sholat, dll.

Note : 
        untuk foto - foto selengkapnya bisa dilihat dan di unduh di link berikut .

Support By : SMAN 1 SRENGAT | TMSI SMANGAT 
                       (@officialtmsi)




0 Response to "KKI 2018/2019 “Mulat Sarira Hangrasa Wani, Rumangsa Melu Handarbeni, Wajib Melu Hangrungkebi”"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^