Mencari Keberkahan dengan Berqurban



Assalamu’alaikum sahabat TMSI...


Alhamdulillah di tahun ini kita masih diberi kesempatan untuk memperingati Hari Raya Idhul Adha, hari dimana kita sebagai umat muslim menqurbankan ternak (bagi yang mampu) untuk dibagikan ke orang yang membutuhkan.

Kita juga sering mendengar bagaimana awal mula adanya Idhul Adha, yaitu ketika Nabi Ibrahim mendapatkan mimpi untuk menyembelih anaknya (Nabi Ismail). Di dalam kisah tersebut dapat kita pelajari bagaimana pengorbanan umat untuk Sang Maha Pencipta (Allah). Walaupun anaknya sendiri yang harus disembelih, dia tetap rela. Pada akhirnya ketulusan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail diapresiasi oleh Allah, yaitu dengan mengganti Nabi Ismail yang akan disembelih dengan seekor domba dari surga. Hingga saat ini, peristiwa tersebut dijadikan hari besar umat Islam.



Untuk pelaksanaan Idhul Adha itu sendiri, ada beberapa hal penting sebelum penyembelihan hewan quban, yaitu dengan melaksanakan sholat ied. Sebelumnya kita juga di sunnahkan untuk berpuasa dua hari (Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah). Beruntungnya kita yang melaksanakan puasa tersebut, karena in syaa Allah dosa – dosa yang kita perbuat satu tahun lalu dan satu tahun yang datang akan dihapuskan. Kita sebagai umat Islam patut bersyukur masih bisa melaksanakan kegiatan Idhul Adha ini di zaman yang serba modern, karena manusia saat ini pasti akan sulit menunaikan ibadah – ibadah sunnah, tetapi adanya Idhul Adha, kita bisa berlomba – lomba untuk melaksanakannya karena hanya dilaksanakan satu tahun sekali.

Kita sebagai umat Islam sudah sepatutnya meniru ajaran – ajaran para nabi. Sesibuk apapun kita, lebih baik meluangkan waktu untuk mencari pahala, keberkahan dan bertaubat kepada Allah SWT. Semoga apa yang kami tulis di artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin Ya Robbal Aalamiin.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

GALERI

Sholat Idul Adha
Sholat Idul Adha
Penyembelihan Hewan Qurban
Penyembelihan Hewan Qurban
Pengulitan Hewan Qurban
Pengulitan Hewan Qurban
Pemotongan Hewan Qurban
Pemotongan Hewan Qurban
Pemotongan Daging Qurban
Pemotongan Daging Qurban
Penimbangan Daging Qurban
Penimbangan Daging Qurban
Pembungkusan Daging Qurban
Pembungkusan Daging Qurban
















0 Response to "Mencari Keberkahan dengan Berqurban"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^