Seni Islam Untuk Insan Berperadaban



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Kami dari sie SBI 2017/2018 akan membagikan sedikit cerita tentang salah satu proker kami yaitu acara  Festival Seni Islam yang mengangkat tema “Melestarikan Seni Islam untuk Membangun Insan Berperadaban”
Festival seni islam adalah suatu ajang atau wadah bagi anggota Ta'mir Masjid Syiarul Islam yang memiliki bakat dan kemampuan di bidang seni islam. Festival ini terdiri dari berbagai macam perlombaan yaitu lomba Muhadhoroh, lomba SBQ, lomba Kaligrafi, dan lomba Desain Busana yang merupakan lomba baru yang ada pada tahun ini. Acara Festival ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada 30-31 Maret 2018. Peserta lomba  dari festival ini adalah anggota Ta'mir kelas 10 perwakilan dari masing" seksi dan PH, terkecuali untuk lomba desain yang diperbolehkan dari kelas 10 maupun kelas 11.

Pada hari pertama bertepatan dengan hari libur, maka acara dimulai pada pagi hari. Untuk agendanya adalah pelaksanaan lomba. Diawali dengan daftar ulang yang dilakukan setiap peserta pada masing - masing lomba yang diikuti, dan seluruh peserta diarahkan untuk masuk ke dalam masjid. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Vina Rizki dan Yahya Nugroho yang bertempat di Masjiid Syi'arul Islam. Selanjutnya perwakilan dari sie lomba memberikan sedikit pengarahan tentang jalannya perlombaan, setelah itu semua peserta diarahkan ketempat berjalannya lomba. Lomba dilaksanakan secara bersamaan di tempat berbeda. Untuk lomba SBQ, Desain Busana dan Kaligrafi dilaksanakan di ruang kelas,  sedangkan untuk peserta  lomba Muhadhoroh tetap berada di masjid.
Setelah semua peserta sudah berkumpul di tempat berjalannya lomba, mereka diberikan pengarahan dan peraturan yang harus dipatuhi. dalam pelaksanaan lomba tersebut. Setelah pengarahan selesai dilakukan, lomba pun dimulai. Di setiap perlombaan diberikan waktu yang berbeda-beda disetiap pelaksanaannya, dan peserta juga mendapatkan no. Urut yang di undi saat technical meeting sebelumnya.
  • Untuk lomba muhadhoroh setiap peserta diberi waktu 7 menit untuk menyampaikan materinnya dan 3 menit untuk sesi Tanya jawab seputar materia Yang disampaikan
  • Untuk lomba SBQ setiap peserta diberikan waktu 5 menit untuk melantunkan ayat" suci al-quran
  • Untuk lomba kaligrafi diberi waktu 80 menit intuk menuangkan kreativitasnya dalam menulis ayat - ayat suci al-quran
  • Untuk lomba desain peserta diberi waktu 75 menit untuk menuangkan kreatifitasnya dalam mendesain busana muslim yang bertemakan Baju Muslim Nusantara,dan 5 menit untuk mempresentasikan hasil desainnya di hadapan dewan juri
Setelah semua lomba selesai terlaksana, acara pada hari jum'at ini diakhiri dengan Penutupan.

Acara kemudian dilanjutkan di hari kedua yaitu pada 31 maret 2018 setelah pulang sekolah. Dimulai dari absensi dari anggota ta'mir dan perwakilan kelas serta perwakilan OSIS. Setelah semua masuk ke masjid maka acara pun dibuka oleh pembawa acara yaitu Vina Rizki dan Ilma Nur, dan kemudian dibacakanlah susunan acara pada hari itu. Memasuki acara yang pertama yaitu pembacaan ayat - ayat suci Al-Qur'an yaitu Q.S Ar - Rahman yang dilantunkan dengan indah oleh Abdillah Afif dari sie SBI. Dilanjutkan dengan sambutan dari Anwar Ngazis sebagai Ketua Pelaksana Acara Festival Seni Islam. Setelah itu sambutan dari Trio Angger sebagai Ketua Umum Ta'mir Masjid Syi'arul Islam periode 2017/2018. Kemudian tiba di sesi  penyampaian materi yang disampaikan oleh Bapak Zia'ul Haq selaku pemateri pada acara kali ini. Pak Zia' menyampaikan materi tentang kepemimpinan dalam islam, baik kepemimpinan dalam organisasi maupun di dalam kelas. Kami berharap semoga dengan materi yang disampaikan pada kali ini kami dapat mengerti, memahami, dan menerapkan dalam kegiatan berorganisasi kita terutama di TMSI ini. Aamiin

Setelah penyampaian materi  ,dilanjutkan dengan lantunan permainan alat musik dan suara yang Indah dari grup hadrah  SN putri. Setelah semua undangan yang hadir merasa sedikit kebahagiaan setelah mendengarkan penampilan dari SN Putri tibalah saat dimana waktu yang ditunggu semua undangan terutama peserta lomba, yaitu sesi Pengumuman juara dan pemberian hadiah.


Absensi
Absensi

Penyerahan hadiah kepada  Juara 1,2, dan 3   Lomba SBQ
Penyerahan hadiah kepada  Juara 1,2, dan 3
 Lomba SBQ

Penyerahan hadiah kepada Juara Lomba Desain Busana Muslim
Penyerahan hadiah kepada Juara Lomba Desain Busana Muslim

Pada dasarnya semua peserta sudah mempersembahkan yang terbaik dari apa yang mereka punya dan mampu, tetapi mungkin belum waktunya mereka mendapatkan penghargaan juara dari apa yang mereka persembahkan. Mereka tidak juara pada acara ini, tapi mereka adalah juara bagi seksi - seksi mereka. Setelah semua rangkaian acara terlaksana, sampailah pada penghujuan acara yaitu doa dan penutup.
Nah, itulah sedikit cerita tentang rangkaian pelaksanaan lomba di acara Festival Seni Islam kali ini. Semoga kedepannya dapat lebih baik lagi dan lebih berkembang lagi ,dan tentunya bermanfaat dan menambah pengalaman bagi seluruh anggota TMSI. Aamiin
TMSI, Jaya, Berkah, Luar biasa.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb



0 Response to "Seni Islam Untuk Insan Berperadaban"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^