7 MACAM TANDA ORANG BERTAQWA

Assalamualaikum sahabat TMSI semuanyaa......

Gimana kabar semuanya menjelang holiday ini? 😊 Semoga kabar baik untuk kita semua dan semoga kita selalu diberikan rahmat dan hidayahnya dari Allah SWT. Aamiin. Yapps, pada kesempatan menjelang holiday ini kami akan memberikan sebuah artikel yang sangat bermanfaat yakni 7 macam tanda orang bertaqwa.


Kata taqwa pasti sudah sering kita dengar bukan? Untuk kembali mengingat apa itu taqwa maka kami akan memberikan sedikit uraian mengenai pengertian taqwa. Menurut bahasa, taqwa berasal dari bahasa Arab yang berarti memelihara diri dari siksaan Allah SWT, yaitu dengan mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya (Imtitsalu awamirillah wajtinabu nawahihi). Sedangkan menurut istilah, taqwa itu mengarah pada suatu konsep, yakni melaksanakan semua perintah Allah, menjauhi larangan-Nya, dan menjaga diri agar terhindar dari api neraka atau murka Allah SWT.


Dari pengertian di atas, apakah menurutmu kamu termasuk orang yang bertaqwa? Ternyata orang yang bertaqwa itu memiliki tanda – tanda pada dirinya lo.
Berikut ulasanyaaaa..........

Menurut Abu Laits (seorang ahli fiqih), ada 7 macam tanda orang yang bertaqwa kepada Allah SWT, yaitu:
  1. Lidahnya dibuat atau digunakan untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT, membaca  Al – Qur’an, dan tidak lagi digunakan untuk berdusta, menggunjing, mengadu domba, dsb.
  2. Ia selalu menciptakan perdamaian, tidak mempunyai hati yang  iri, permusuhan, dsb.
  3. Tatap matanya selalu melihat yang benar, tidak ada yang haram dan tidak dengan keinginan nafsu, tetapi ia memandang dengan mengambil i’tidal.
  4. Tidak akan mengisi perutnya dengan makanan yang haram, karena itu adalah perbuatan dosa.
  5. Ia tidak akan memanjakan tangannya untuk barang yang haram, tetapi ia akan menggunakan tangan tersebut untuk memenuhi ketaatan dan kebenaran.
  6. Telapak kakinya tidak akan berjalan di dalam kemaksiatan, tetapi akan selalu berjalan bersama orang – orang yang sholeh.
  7. Dia akan selalu menjadikan ketaatanya tersebut murni karena Allah SWT.
Begitulah 7 tanda – tanda orang yang taqwa dan takut kepada Allah SWT. Bagi orang – orang yang mengharap kebahagiaan dunia akhirat, tidak akan berat untuknya menjadikan 7 tanda – tanda tersebut sebagai pedoman dalam hidup mereka. Ketaqwaan harus dibiasakan sejak kecil dengan cara selalu mematuhi segala perintah yang diberikan Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.


Dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya, maka kita bisa mengoreksi diri kita sendiri. Selain itu, dengan bertaqwa, hati kita akan menjadi tenang. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Al – Fath ayat 4:
Artinya: "Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,"


Jadi, menurutmu, sudahkah kalian menjadi orang yang bertaqwa seutuhnya? Tentu jawaban dari pernyataan ini hanya diri kita sendiri yang dapat menjawabnya. Jadi mari intropeksi diri kita masing – masing yaaaaa......



Semoga bermanfaat teman - teman. O ya, jangan lupa sebarkan juga kepada teman teman yang lain dengan tetap mencantumkan sumber, InsyaAllah pahala besar akan menanti di akhirat.

Sekian, Wassalamualaikum.



Baca Juga ARTIKEL:


Bagi teman-teman yang ingin mengirimkan artikel atau ceritanya ke Website TMSI. Silahkan kirimkan melalui Email : tmsi.smangat@gmail.com
INGAT! Kiriman Bermanfaat Kalian Adalah Sebuah Ladang Pahala!

Reporter By PTIK 2017

Support by    : SMAN 1 SRENGAT | TMSI SMANGAT



0 Response to "7 MACAM TANDA ORANG BERTAQWA"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^