Muharram Dan Segala Keutamaannya






         Dalam agama Islam, perhitungan tahun baru Hijriyah diawali dengan bulan Muharram yang dikenal oleh orang Jawa dengan sebutan bulan Suro. Bulan muharram termasuk bulan haram, atau bulan yang suci. Mengapa demikian? Pada saat bulan Muharram, amalan untuk melakukan kebaikan lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan tersebut.
 
          Bulan tersebut termasuk salah satu bulan yang diistimewakan dalam Islam. Pada bulan itu terdapat tanggal yang umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa. Puasa sunah pada tangal 10 Muharram posisinya peringkat kedua setelah puasa bulan Ramadhan. Sebagaimana hadits Rasulullah saw. berikut, yang diriwayatkan oleh Sahabat Abu Hurairah ra.
“ Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadlan adalah puasa di bulan Allah; yaitu Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam ”

          Hadits diatas juga menekankan bahwa bulan Muharram merupakan Syahrullah (Bulannya Allah). Tentunya bisa kita bayangkan bagaimana saat kita melakukan amal kebaikan yang lebih banyak di bulan Muharram, balasannya insyaAllah lebih besar lagi. Namun, hendaknya kita melakukan amalan tersebut lillahita’ala hanya karena Allah.
Tidak hanya disunnahkan untuk berpuasa, namun masih banyak lagi keutamaan bulan Muharram yang tak boleh kita sia-siakan. 

Para ulama sudah mengklasifikasikan jenis amalan yang hendaknya diperbanyak selama bulan Muharram yaitu
1.       melakukan shalat,
2.       berpuasa,
3.       menyambung silaturrahim,
4.       bershadaqah,
5.       mandi,
6.       memakai celak mata,
7.       berziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang meninggal),
8.       menjenguk orang sakit,
9.        menambah nafkah keluarga,
10.   memotong kuku,
11.    mengusap kepala anak yatim,
12.   membaca surat al-Ikhlas sebanyak 1000 kali.

Walaupun merupakan perbuatan yang sederhana, namun kita harus benar-benar ikhlas dan melakukannya hanya karena Allah.


Selamat Tahun Baru Islam 1437 H. Semoga selalu teriring rahmat Allah pada setiap perbuatan baik yang kita lakukan. Amiin


0 Response to "Muharram Dan Segala Keutamaannya"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^