Kaderisasi Kepemimpinan Islam TMSI 2017/2018


Kaderisasi Kepemimpinan Islam 2017/2018

Assalamualaikum sahabat TMSI. TMSI baru saja melakasanakan KKI atau Kaderisasi Kepemimpinan Islam untuk angkatan 2017/2018. Sama seperti tahun sebelumnya, KKI tahun ini diikuti oleh anggota kelas 10 maupun kelas 11. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kekompakan dan tali persaudaran antar anggota. Rasa tanggung jawab dan displin serta peduli pada anggota lain sangat ditekankan pada kegiatan ini.KKI ini dilaksanakan pada 2 - 3 September 2017, dengan tema :
"Menciptakan Insan Islami yang Beradab, Berakhlak, Berilmu Tinggi, serta Loyal"
Sebelum bercerita lebih lanjut, mari kita pahami dulu arti dari tema tersebut
  1. Beradab : sebutan orang beradab sebenarnya berarti bahwa orang itu mengetahui aturan tentang adab atau sopan santun yang ditentukan dalam agama Islam. Namun, dalam perkembangannya, kata beradab dan tidak beradab dikaitkan dari segi kesopanan secara umum dan tidak khusus digabungkan dalam agama Islam. 
  2. Berakhlak, merupakan sebutan bagi orang yang berbudi pekerti luhur, mengerti nilai hidup, dan moral atau sebutan lain untuk orang yang berkarakter. 
  3. Berilmu tinggi, "Allah SWT menjadikan ilmu bagi hati seperti air hujan bagi tanah. Sebagaimana tanah yang tak akan hidup kecuali dengan adanya curahan air hujan, demikian pula tiada kehidupan bagi hati kecuali dengan ilmu" (Ibnul Qayyim). Seringkali seseorang dianggap berilmu tinggi di zaman sekarang berdasarkan gelar pendidikan yang diperoleh. Namun, dengan adanya KKI ini, diharapkan perspektif orang – orang terhadap pengertian “Berilmu Tinggi’' menjadi berbeda. Berilmu tinggi tidak hanya dilihat dari ilmunya yang tinggi, tetapi kita harus mampu menggunakan ilmu yang kita miliki sebaik – baiknya dan untuk kebaikan, serta mengajarkannya kepada orang lain
  4. Loyal. Menurut KBBI, pengertian loyal atau loyalitas adalah kepatuhan atau kesetiaan. Kepatuhan atau kesetian ini berarti kita sebagai seseorang harus meiliki sikap patuh dan setia terhadap sesuatu, baik kepada sesorang atau suatu organisasi.

Jadi, dengan adanya tema KKI tersebut, diharapkan bagi setiap insan islami memilikinya, agar terhindar dari hal – hal yang buruk. Aamiin

          Pada Sabtu, 2 September 2017 TMSI SMANGAT mengadakan kegiatan KKI. Kegiatan ini diawali dengan absensi peserta pada pukul 14.30. Namun, sangat disayangkan banyak peserta yang terlambat absensi. Setelah absensi, kegiatan selanjutnya adalah sholat ashar berjamaah. Selepas sholat berjamaah, para peserta segera membersihkan camp masing - masing sesuai dengan intruksi dari panitia.
       Selanjutnya, peserta berkumpul di taman tengah untuk melakukan pengecekan ATK. Setiap sie berbaris lurus kebelakang dan orang yang paling depan adalah CO dari setiap sie. Selanjutnya tim daftar ATK dibacakan satu per satu, baik ATK pribadi maupun kelompok.
       Setelah pengecekan ATK, para peserta kembali ke camp. Kemudian para peserta pergi ke masjid untuk melakukan sholat maghrib berjamaah. Hal yang ditunggu-tunggu pun telah tiba. Yaak, tiba saatnya

 Makan kenyang hatipun senang :v

     Kegitan selanjutnya adalah sholat isya berjama'ah dilanjutkan dengan sharing bersama Alumni TMSI. Tidak hanya mengenal alumni saja. Namun, kita semua juga ditampilkan beberapa foto sejarah mengenai Masjid Syi'arul Islam mulai dari proses pembangunannya hingga saat ini.


Nah, Tadaaaaaaaa ^_^
Acara berikutnya adalah penampilan pentas seni dari masing - masing sie. Sekitar jam 10 malam, para peserta dan panitia berkumpul di lapangan belakang untuk mengikuti kegiatan pensi, ditemani api unggun juga looo..., Jadi kebayanglah gimana serunya malam minggu ala anak takmir. Pokoknya seruu bangeett. Untuk pensinya setiap sie menampilkan satu pertunjukkan, mulai dari drama komedi, musikalisasi puisi, dan masih banyak lagi.
Malam minggu ala anak TMSI

Setelah acara pensi selesai, kegiatan selanjutnya adalah kembali ke camp dan tidur. Sebenarnya masih ada banyak kegiatan yang harus diselesaikan, tapi yaudahlah ya di sini kita nggak bakal jelasin, jadi di skip aja ya teman - teman. Hehehe..

Hari kedua, tanggal 3 September pun telah tiba. Kegiatan hari ini dimulai dengan sholat tahajud. Hayooo.. setelah ini ada kegiatan apa ya? Awalnya kami disuruh berkumpul di lapangan dan disuruh untuk menutup mata dengan kain hitam. Kelas 10 dan kelas 11 tidak dijadikan satu. Setelah beberapa lama, kain hitam yang menutupi mata kami pun dibuka. Setelah beberapa lama, kain hitam yang menutupi mata kami pun dibuka. Terlihat  Terlihat lilin -lilin menyala di depan kami. Ketika mata terbuka, posisi kami membentuk lingkaran dengan keadaan kelas 10 dan kelas 11 berada dalam tempat yang sama. Wah.. kok bisa ya? :D

Yup. Pada kegiatan ini kelas 10 dan kelas 11 digugah serta dimotivasi. "Organisasi tidak akan berdiri kokoh tanpa ada pengurus yang bersatu dan saling membantu. Jaga selalu kekompakan. Pupuk rasa kesetiaan dan pengabdian pada Masjid Syi'arul Islambegitu intinya. Hihihi.. mungkin dari kegiatan lain yang ada di KKI ini, kegiatan ini yang paling berkesan. Kegiatan yang satu ini memang istimewa sekali.

Diawali dengan senam pagi kemudian berangkat. Sie PTIK lah yang mengawali jelajah. Pada saat jelajah semua masing - masing diberi tugas untuk mengumpulkan barang bekas yang masih berguna. Kegiatan jelajah ini melewati tiga pos. Pos paling seru yaitu pos kedua, disini tampak terlihat kelucuan dari setiap sie.
1 .. 2.. 3 .. loncat eaaa

Setelah jelajah dilanjutkan dengan penampilan yel - yel masing - masing sie. Anak - anak takmir terlihat sangat kompak pada kegiatan ini. Sehingga menambah nuansa kebahagiaan pada semua anggota ta'mir termasuk panitia.

Akhirnya waktu yang ditunggu- tunggu pun telah tiba. Puncak KKI hampir selesai tinggal menunggu beberapa menit dengan diselingi pengumuman Sie terkompak, Putra Putri Teladan dan Pemenang Lomba Fotografi TMSI.

Alhamdulillah, KKI tahun ini sangat luar biasa dan sangat istimewa. Dengan adanya acara ini, semoga nilai-nilai positif yang telah didapatkan bisa menjadikan kita manusia yang lebih baik lagi.  Sehingga, kita bisa menjadi pribadi yang lebih beradab, bertanggung jawab, disiplin, serta bermanfaat bagi orang lain. See you on KKI next year ;)

GALERI

Dapet salam dari Sie SBI ^_^

Sie KDIP in action ^^
Ciwi - ciwi dari Sie Rohis :D

Sukses untuk kita semuaaa, TMSI SMANGAT JAYA, BERKAH, LUAR BIASA.

Siang - siang rujakan euy ..






Untuk foto - foto  lainnya, bisa stalking di Instagram TMSI @officialtmsi


Sudah dulu ya cerita tentang KKI kali ini, ada beberapa kiriman kritik saran serta pengalaman dari temen-temen yang mengikuti KKI maupun alumni :D 

Untuk adek - adek kelas 10 dan 11, mohon komunikasinya ditingkatkan, dan jangan sampai ada perpecahan. Kesan : Lak kesel, genah tapi seru poll. Pokok lak bersama - samai semua rintangan iso dilewati (Harits Abdullah Umar) 
By : Ketua Umum 2016/2017
Pesan : Tumbuhan pasti selalu membutuhkan air, pasti selalu membutuhkan cahaya matahari. Dan buahnya akan berkualitas ketika ada pupuk. Sebuah organisasi di sekolah ibarat sebuah pohon. Jika ingin memiliki buah yang berkualitas maka pasti membutuhkan air (Sumber Daya Manusia), Cahaya Matahari (sekolah), dan Pupuk (alumni). Jaga rasa loyal untuk mendapat hasil yang maksimal. Kesan : Puncak KKI kali ini tentunya sangat mengesankan, meriah, seru, keren, tak ada duanya, dan tak bisa diungkapkan dengan kata kata. Pokoke jossss. Harapan : Semoga kedepannya TMSI bisa lebih baik lagi, anggota semakin banyak, sukses melaksanakan proker - proker yang udah dibuat, semakin jaya, sukses memakmurkan MSI, dan bisa menjadi contoh yang baik bagi yang lain. Aamiin
 Kritik : Sebelumnya minta maaf ya adek - adekku tercinta, karena saya dari pihak panitia akan mengkritik adek - adek semua. Yang pertama dalam setiap sesi kalau jalan agak cepat ya, soalnya jumlah kalian itu tidak sedikit dan itu juga bisa buat waktunya molor. Yang kedua keaktifan dan keberaniannya kurang, tidak masalah dalam bicara itu salah, yang penting sudah berani mencoba. Lebih baik mencoba tapi gagal dripda tidak pernah mencoba sama sekali. Kesan : Untuk acara KKI tahun ini menurutku pribadi sangat seru dibandingkan KKI sebelumnya karena konsep''nya acara banyak yang inovatif, dan saya sendiri sangat salut dengan para alumni karena saya sendiri dri panitia tidak menduga bahwa alumni yang datang sebanyak itu. Dan juga aku salut sama adek'' semua, karena kalian sangat antusias mengikuti acara demi acara dengan baik dan sabar. Ak juga sangat berterimakasih kepada segenap teman'' angkatan yang dengan ikhlas mencurahkan pikiran dan tenaga hanya demi kelancaran acara KKI. Pesan: Untuk adik – adikku semuanya, tolong kekompakan, solidaritas dan loyalitasnya dijaga, tumbuhkan jiwa korsa kalian walaupun terkadang pahit rasanya, tetap semangat dalam memakmurkan masjid. Yang cowok jangn lupa kalau jum'at segera ke masjid. Keberanian bicara didepan umum ditingkatkan lagi, karena kesempatan untuk berlatih itu ya di masa - masa SMA, sehingga kalau sdh keluar nanti sudah terbiasa, tanamkan kepada diri masing - masing ''Insyaallah aku pasti bisa'' , harumkan nama baik takmir, kalau bisa ajak lagi teman - temannya untuk ikut takmir, karena itu juga berarti kalian mengajak kepada kebaikan dan setiap perbuatan itu pasti ada balasannya. ''Hidup ini hanya sekali, persembahkan yang terbaik''. (Ikhwan Tris)
Kesan : menyenangkan dan seru, apalagi saat yel - yel berlangsung, saat itu berasa banget kekeluargaannya. (Azizah)
 Kesan: Kegiatan KKI kali ini dapat mempererat hubungan antar anggota. Banyak kegiatan yang memaksa kita berpikir kritis, kreatif dan mengasah kerjasama yang baik antar anggota sebagai wujud kesolidaritasan dan bekal untuk menjadikan TMSI sebagai organisasi yang lebih baik. Pesan: Satu pohon sejuta daun, meski kita berbeda tujuan pada awalnya tetapi sebenarnya kita terikat dalam satu pohon besar yakni TMSI kita mengemban visi dan misi organisasi ini. Untuk menjadikan TMSI sebagai pohon yang kokoh, setiap individu harus memenuhi perannya seperti daun dalam pohon, setiap satu daun yang memenuhi perannya manfaatnya bukan saja dirasakan oleh pohon itu tapi juga lainnya. (Ifana Ade Pratiwi)
Kritik : Angkatan ke angkatan menurut saya kurang koordinasi dan kurang akrab banyak anggota yang belum mengenal belum tau angkatan di atas yaa. Saran : Lebih di akrabkan lagi antar anggota maupun dengan angkatan di atas yaa.. Karna kita sangat membutuhkan kakak kelas untuk membantu dan kita bisa dapat masukkan dari kakak kelas (pengalaman) yang bisa kita buat untuk menjalan kan program – program dari takmir lebih baik dan lebih baik lagii.  Pesan : Jaga terus loyalitas kalian terhadap takmir.. Raih lah ilmu yang bermanfaat dan tumbuhkanlah akhlak yang baik bagi diri kalian masing - masing. Jaga terus nama baik TMSI di mata orang lain. Tujukan bahwa kita bukan organisasi kelas bawahtunjukan bahwa kita adalah organisasi kelas atas.  Kesan : Pada kki tahun ini sangat seru. Mulai dari atk kelompok banyak yang salah.. Terus pada saat renungan malam.. Di marah - marahi.. Tapi tetap seru. Game yaa seru" apa lagii saat geme makan krupuk. (Fahim Muridho)
Kritik : Antar anggota TMSI masih ada yg kurang menjaga solidaritas, kekeluargaan, dan ketika bertemu antar anggota ada yg tidak menyapa.
Saran : Kedepannya meningkatkan solidaritas, kekeluargaan, kerjasama. Capai program kerja yang sudah dibuat, budayakan 5S, terus memakmurkan MSI
Kesan : ikut organisasi TMSI itu gak rugi deh. Disitu kita bisa melakukan banyak hal baik . TMSI nggk kalah kok sama organisasi lain. Disini kita bisa sharing sama kakak - kakak dan alumni yang semuanya baik", kita bisa dapet pengalaman" baru yang seru dan tentunya sangat bermanfaat. Bukan hanya itu, kita juga bisa meningkatkan IMTAQ karena kegiatan islaminya yang top banget.
Pesan : untuk TMSI tetep begini terus yaa, dan tingkatkan kinerja nya. (Zulia)
KKI itu, membentuk, menanam, mengejawantah, membangun dan seterusnya. Dan kunci dari kebaikan pelaksanaan KKI itu, ketika apa yang menjadi tujuannya bisa terlaksana dan tercapai. Dan saya melihat dari pelaksanaan mulai pra kki,, saya kira dari materi yang disampaikan, prosesi yg include di puncak, sudah cukup menjadi cerminan usaha untuk mencapai tujuan KKI tahun ini. Yakni yang terkandung dalam visi misi kki tersebut. Bahwa itu ada kekurangan, kelebihan, itu barang pasti. Saya lihat panitia juga sudah berusaha maksimal. Maka nanti hasilnya, outputnya, kita serahkan. Dan saya berharap, kakak yang baru purna tugas, kelas 12, bisa terus mendampingi, menemani adik adik yang akan memegang peran utama di TMSI.Ing ngarsa sung tuladha, dan ing madya mbangun karsanya insyaallah secara formal sudah dilaksanakan. Selanjutnya tinggal tut wuri handayani.Ini PR utk kelas 12👆. Semoga kedepan terus bertambah baik. Amal untuk menabung masa depan. (Ahmad Kholil)

 Untuk KKI tahun 2017/2018 kegiatannya seru -  seru, yang paling mengesankan menurut saya adalah ketika makan bersama, soalnya dalam kegiatan itu kita diajarkan supaya nggak milih - milih temen. Juga pada kegiatan jelajah dan gamenya, kalo pas kegiatan jelajah itu kita diajarkan untuk berjuang bersama -  sama demi mencapai tujuan utama. Pokoknya kegiatannya seru - seru semua, dan selain seru juga memberikan manfaat - manfaat yang luar biasa bangeeeet...!! Sukses terus ya buat TMSI dan juga "TMSI Jaya, Berkah, Luar biasa" (Dwi Fitriani sie PTIK) 
Jadi acaranya bagus nih, pesertanya juga pada kompak, modal awal yang bagus. Beda TMSI dulu sama sekarang dari segi peserta, peserta sekarang lebih kompak sama ceria, itu yang paling penting, kesuksesan panitia juga bisa membuat seperti itu, dan kemaren yang akhwat tampak lebih semangat daripada ikhwan .. tapi keren lah, kritik nya cuma waktu agak molor kmaren , di rundown acara alumni jam 19.05 tapi molor, padahal pengen agak lama sama adik adik wkwkw.  Kalau saran untuk KKI, bikin acara keakraban sebanyak banyaknya dengan memasukan nilai islami didalamnya... inti Kaderisasi adalah keakraban dari  TMSI, kalo peserta semakin akrab dan semakin mengenal, maka KKI terbilang sukses. (Mustofa Fauzan) 
Kritik / Saran : Seharusnya pada saat acara diberi jadwal kegiatan supaya peserta yang diantar jemput bisa mudah untuk memberitahu saat dijemput. Pesan : Perlu ditingkatkan lagi keakraban anggota TMSI. Kesan : Kegiatannya menarik, seru dan menyenangkanKritik aku. Kalau bisa acara dibuat agar anggota tidak terlalu kecapean. Saran semoga kita semua selalu diberi keberkahan, agar tetap bisa menjalin slilaturahmi antar kakak dan adikKesan. Alhamdulillah kki kali ini seru. Trimakasih (Eka Puput)

Reporter By PTIK 2017

 Support by : SMAN 1 SRENGAT | TMSI SMANGAT


0 Response to "Kaderisasi Kepemimpinan Islam TMSI 2017/2018"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^