Pentingnya Waktu Dalam Kehidupan Setiap Muslim

Pentingnya Waktu Dalam Kehidupan Setiap Muslim
Assalamualaikum  sobat TMSI.
Manusia hidup tidak bisa lepas dengan waktu, karena waktu itu terus berputar, berjalan, tidak bisa dihentikan dan tidak bisa diulang kembali lagi. Betapa pentingnya waktu, membuat Allah bersumpah dengan waktu di dalam suatu firmanNya yaitu Q.S. Al- Ashr ayat 1-3

“Demi masa.
Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
 Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr: 1-3)
Dari ayat dan terjemahan diatas, dapat dijelaskan sebagai berikut :
Ayat 1
Ayat ini menjelaskan  bahwasanya Allah bersumpah demi masa (waktu). Berapa pentingnya waktu dan kita harus berusaha untuk mengisinya dengan kegiatan – kegiatan yang berguna atau positif. Pepatah Arab mengatakan bahwa : 
“Waktu itu seperti pedang, apabila tidak dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya, maka pedang itu akan membunuh dirimu sendiri."
Ayat 2. 
Pada ayat ke -2 Q.S. Al- Ashr ini memberitahu bahwa semua manusia itu pasti rugi apabila tidak menjalankan 4 syarat, 4 syarat yang ada di ayat ke -3 Q.S Al-Ashr.

Ayat 3.
Ayat ke-3  Q.S. Al-Ashr ini menjelaskan tentang 4 syarat agar manusia terhindar dari kerugian, yaitu:
  1. Orang – orang yang beriman, yaitu orang yang meyakini pada dirinya bahwa Allah itu ada, serta mematuhi perintah dan menjauhi laranganNya
  2. Orang-orang yang beramal sholeh. Beramal sholeh tidak hanya ibadah. Namun, harus melaksanakan rukun iman, membantu sesame, menciptakan suasana yang harmonis di lingkungan, serta member banyak manfaat kepada orang lain.
  3. Orang-orang yang saling menasehati dalam kebenaran. Contohnya adalah kultum, kultum dapat dijadikan sebagai nasehat dan hikmah – hikmah kebenaran dalam kehidupan kita. Saling menasehati (saling menyadarkan), seseorang tidak dapat menjalankan kebaikan tanpa keterlibatan orang lain.
  4. Orang – orang yang menasehati dalam kesabaran. Orang yang menasehati dengan kesabaran sangat diperlukan, karena dapat meningkatkan rasa keharmonisan antar sesame. Contohnya, apabila ada teman yang bertengkar, kita harus melerainya dengan sabar.
Ketiga ayat dalam Q.S. Al-Ashr itu memerintahkan kita untuk melakukan kebaikan, agar bermanfaat dalam kehidupan. Segala aktivitas yang dilakukan harus diniati dengan ibadah. Karena, pada hakekatnya tujuan utama manusia adalah untuk beribadah.
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang artinya :
“Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali tidak Aku izinkan untuk beribadah kepada-Ku”
Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan waktu sebaik – baiknya dengan kegiatan yang positif.
Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman lainya ya...
Sekian, Wassalamualaikum.
Kiriman : Apriliya, Elok Rizma - PTIK

Bagi teman-teman yang ingin mengirimkan artikel atau ceritanya ke Website TMSI. Silahkan kirimkan melalui :
Email : tmsi.smangat@gmail.com
WA : 085706049833
INGAT! Kiriman Bermanfaat Kalian Adalah Sebuah Ladang Pahala!



0 Response to "Pentingnya Waktu Dalam Kehidupan Setiap Muslim"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^