HALAL BIHALAL HARI RAYA IDUL FITRI 1445H

Salah satu tradisi yang selalu hadir saat Idulfitri yakni Halalbihalal. Biasanya Halalbihalal dilakukan dengan bersilaturahmi ke rumah tetangga, saudara, dan kerabat.  Pada acara Halalbihalal, tiap orang akan saling memaafkan dan bersalam-salaman.

Halalbihalal menjadi tradisi yang terus berkembang hingga saat ini. Halalbihalal juga berkembang menjadi ajang "open house", di mana sebuah rumah atau instansi mengundang orang untuk datang bersilaturahmi. Di masa pandemi, open house ditiadakan dan Halalbihalal dilakukan secara daring.

Asal usul Halalbihalal berasal dari KH Abdul Wahab Hasbullah pada tahun 1948. KH Wahab merupakan seorang ulama pendiri Nahdatul Ulama. KH Wahab memperkenalkan istilah Halalbihalal pada Bung Karno sebagai bentuk cara silaturahmi antar-pemimpin politik yang pada saat itu masih memiliki konflik.

Atas saran KH Wahab, pada Hari Raya Idul Fitri di tahun 1948, Bung Karno mengundang seluruh tokoh politik untuk datang ke Istana Negara untuk menghadiri silaturahim yang diberi judul 'Halalbihalal.' Para tokoh politik akhirnya duduk satu meja.

Mereka mulai menyusun kekuatan dan persatuan bangsa ke depan. Sejak saat itu, berbagai instansi pemerintah di masa pemerintahan Bung Karno menyelenggarakan halalbihalal.

Halalbihalal kemudian diikuti masyarakat Indonesia secara luas, terutama masyarakat muslim di Jawa sebagai pengikut para ulama. Hingga kini Halalbihalal menjadi tradis di Indonesia.

(www.kemenkopmk.go.id)

Oleh karena itu Halalbihalal sudah menjadi tradisi yang selalu dilakukan pengurus TMSI setiap tahun, Halalbihalal TMSI diadakan di rumah setiap Guru PAI, Koordinator dan Pembina TMSI, juga Wakil Kepala dan Kepala Sekolah

Bertempat di kediaman Bp. ZIAUL HAQ, S.Pd.I., M.Pd.I (Desa Srikaton, Kec. Ringinrejo, Kab. Kediri) 

Bertempat di kediaman Bp. AMAT RONI, S.Ag. (Desa Gandekan, Kec. Wonodadi, Kab. Blitar)

Bertempat di kediaman Bp. Drs. MOH. NOOR ROFIQ (Desa Bendowulung, Kec. Sanankulon, Kab. Blitar)

Bertempat di kediamanBp. ARIF FIRMANSYAH, S.Pd (Desa Gogodeso, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar)

Bertempat di kediaman Ibu MASTI'AH, S.Ag., M.Pd.I. (Kelurahan Bendogerit, Kec. Sanawetan, Kota Blitar)


Dengan adanya Halalbihalal ini diharapkan bisa membangun dan mempererat tali silaturahim antar pengurus dan anggota dengan para Bapak dan Ibu Guru serta mendapat ridho dan berkah dari Bapak dan Ibu Guru sehingga membantu mendapat Ridho Allah SWT.