Tentang Kami

Masjid Syiarul Islam, saat ini

Uraian Singkat

Ta’mir adalah  pengurus masjid, dan Masjid adalah tempat untuk beribadah. Secara umum, Ta’mir Masjid adalah kelompok orang yang mengabdikan diri untuk menjaga dan memakmurkan masjid. Disini Ta’mir Masjid akan mengemas menjadi satu tujuan dalam mencapai cita-cita bersama dan untuk mencapai program-program meramaikan masjid itu sendiri.

Ada dua hal yang berkaitan saat kita membicarakan tentang masjid, yaitu:
1. Orang yang mengurus masjid khususnya kebersihan.
2. Orang yang mengurus, meramaikan masjid disebut Ta’mir Masjid.

Ta’mir Masjid Syi’arul Islam SMAN 1 Srengat atau kerap disebut TMSI SMANGAT merupakan pengurus dari Masjid Syi’arul Islam SMAN 1 Srengat. TMSI SMANGAT juga memiliki struktur organisasi layaknya organisasi-organisasi lainnya. Kendati begitu, TMSI berada di bawah program kerja OSIS SMAN 1 Srengat. TMSI memiliki tiga devisi yang masing-masing devisi memiliki beberapa seksie, antara lain:
1. Devisi dakwah yang didalamnya terdapat seksie PHBI, seksie Ibadah, seksie ROHIS.
2. Devisi  Internal yang didalamnya terdapat seksie Sarpras, dan seksie PSDM.
3, Devisi pendidikan yang didalamnya terdapat seksie KDIP, seksie PTIK, seksie SBI.

Setiap devisi di kepalai oleh seorang Kepala devisi (Kadiv). Dan ada  sekedar informasi bahwasannya jabatan kepala devisi (Kadiv) dalam tubuh TMSI ini dihapus pada antara tahun 2008-2013, namun pada tahun 2013/2014 jabatan kepala devisi (Kadiv) berlaku kembali.


Sejarah Singkat


Pembangunan Masjid kira2 tahun 1986/1987
Masjid Syi'arul Islam dibangun sekitar tahun 1986-1987 saat SMA N 1 Srengat belum genap berusia 10 Tahun. Pada waktu itu masjid diurus oleh Guru juga OSIS yaitu dari subsie Agama Islam Sie PKTT. Pertengahan tahun 90an lambat laun TMSI mulai berdiri dengan anggota yang masih sedikit, sistem organisasi yang masih sederhana juga program yang masih biasa saja. Walau berdiri sendiri namun TMSI tetap berada dibawah koordinasi OSIS sebagai Organisasi Kesiswaan induk di SMA N 1 Srengat.

Kemitraan antara OSIS dan TMSI sempat bersitegang pada tahun 2002/2003 sampai muncul wacana mengembalikan tanggung jawab mengurus masjid kepada OSIS. Namun masalah ini bisa diselesaikan tak lama setelah itu.

TMSI mulai berkembang saat memasuki dekade 2000an. Dari dokumen-dokumen arsip yang ditemukan berbagai program serta struktur organisasi mulai ditata dengan baik disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan kala itu. Pada dekade ini juga dilakukan inovasi terhadap program kerja. Syiarun Nada mulai terbentuk. KKI mulai diadakan. Perombakan struktur organisasi sering kali terjadi.

Dan tahun 2013, TMSI mulai menyusun ADART sebagai landasan dasar organisasi yang disahkan pada Oktober 2015. Tahun ini pula menjadi tahun "Naik Daun" Syiarun Nada dengan diraihnya beragam prestasi yang membanggakan.

Lambang TMSI


 


Lambang TMSI pertama kali digunakan pada periode 2008-2009. Kemudian diperbaiki seperti sekarang ini pada periode 2011-2012. Berikut makna dari lambang TMSI:
  1. Ornament berbentuk kubah masjid dengan huruf M, S dan I melambangkan masjid syi’arul islam, masjid yang menjadi kedudukan TMSI.
  2. Lafadz ALLAH di atas kubah  masjid mempunyai arti bahwa semua kegiatan TMSI hanyalah demi ALLAH SWT. Satu-satunya Tuhan yang kita, kaum muslim, percayai dan hanya untuk ALLAH lah semua ibadah kita dan hidup kita, Tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya, Semoga ALLAH SWT. Memberikan Rahmad dan Ridlo-Nya kepada kita semua.
  3. Bintang berjumlah 8 buah melambangkan 8 seksi yang ada dalam system keorganisasian  TMSI.
  4. Kedudukan bintang terhadap kubah yang tersebar melambangkan bahwa semua kegiatan TMSI berorientasi untuk memajukan Masjid Syi’arul Islam dan segala elemen warga SMA N 1 SRENGAT dalam segala bidang baik dalam bidang keagamaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta bidang keorganisasian.
  5. 3 buah lingkaran yang menaungi lambang TMSI melambangkan 3 elemen di dalam TMSI yang secara berkesinambungan terlibat dalam setiap kegiatan TMSI. Lingkaran pertama yaitu lingkaran paling dalam melambangkan pengurus TMSI yang terdiri dari siswa-siswi SMA N 1 SRENGAT yang merupakan elemen inti pada keorganisasian TMSI, lingkaran kedua yaitu lingkaran antara lingkaran terdalam dan terluar melambangkan alumni TMSI yang senantiasa memberikan dukungan untuk para pengurus TMSI, lingkaran ketiga yaitu lingkaran terluar melambangkan Pembina dan coordinator TMSI serta pihak sekolah yang selalu mendukung dan menjadi pelindung serta memberikan nasehat kepada para pengurus TMSI.
  6. 2 buah Garis yang menghubungkan lingkaran pertama dan kedua melambangkan hubungan yang sangat erat antara pengurus dan alumni TMSI yang merupakan sebuah kesatuan dan hanya dibedakan oleh generasi saja. 
  7. Warna dasar hijau melambangkan suasana yang sangat sejuk yang tercipta dari hubungan antar pengurus, alumni, dan Pembina serta coordinator  TMSI. Selain itu warna hijau juga melambangkan jiwa muda, serta melambangkan jiwa yang tenang, bersahaja, dan mampu menjadi tauladan di manapun berada.

0 Response to "Tentang Kami"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^