Meneladani Perilaku Nabi Muhammad SAW Sebagai Uswatun Hasanah


Assalamualaikum  sahabat TMSI.
Dalam kehidupan sehari – hari, Rasulullah dikenal memiliki sifat – sifat yang terpuji, dan diakui oleh semua orang dari berbagai kalangan. Apa saja sifat - sifat wajib dari beliau yang wajib kita teladani?
Berikut ini adalah ulasannya :

1. Dapat Dipercaya
Rasulullah dalam kehiduan dikenal sebagai orang yang selalu berkata jujur dan berperilaku benar. Tidak pernah mendusta dan dapat dipercaya atau amanah. Rasulullah SAW adalah manusia yang patut diteladani dan menjadi uswatun hasanah (suri tauladan yang baik). Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Q.S Al – Ahzab ayat 21:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا 

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut nama Allah.” Adapun bukti – buktinya:
a. Nabi Muhammad SAW dipercaya untuk menjalankan harta perniagaan Siti Khadijah ketika Nabi         berusia 25 tahun.
b. Rasulullah dipercaya oleh kaum Quraisy untuk meletakkan batu hajar aswad pada tematnya semula.     Sehingga beliau dijuluki Al – Amin yang artinya dapat dipercaya.

2. Jujur
Rasulullah selalu menjauhi sifat bohong dan selalu berkata jujur. Sebaliknya, dengan kaum jahiliyah yang selalu berbohong. Orang yang jujur selalu berkata dengan sebenar – benarnya. Oleh karena itu, kejujuran dapat membawa kebahagiaan. Sebagaimana sabda Rasulullah:

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

Artinya: “Dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).”

3. Pemurah
Beliau tidak tega melihat sanak saudranya menderita. Beliau selalu memberikan bantuan dan sedekah kepada orang lain. Sifat itu sudah tertanam sejak Rasulullah kanak – kanak. Oleh karena itu, Nabi Muhammad terkenal dengan sifat yang pemurah dan penyayang.

Oleh karena itu, mari kita teladani sifat dan perilaku rasulullah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari - hari agar menjadi insan islami sukses dunia maupun akhirat.
Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman lainya ya..

Bagi teman-teman yang ingin mengirimkan artikel atau ceritanya ke Website TMSI. Silahkan kirimkan melalui Email : tmsi.smangat@gmail.com

Sekian, Wassalamualaikum.


INGAT! Kiriman Bermanfaat Kalian Adalah Sebuah Ladang Pahala!

Reporter By PTIK 2017

 Support by : SMAN 1 SRENGAT | TMSI SMANGAT


0 Response to "Meneladani Perilaku Nabi Muhammad SAW Sebagai Uswatun Hasanah"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^