Peringatan 1 Muharram 1438 H TMSI (Ta'mir Masjid Syi'arul Islam)

Halo Sobat TMSI. Maaf banget nih sebelumnya kalo webnya lama ga update. Hehehe, Taulah... musim ulangan :D Udah tau kan penyebabnya... Jadi jangan maido kalo belum sempet ke update ^_^ Mumpung ada kesempatan nih, sie PTIK mau bercerita tentang kegiatan yang baru saja dilaksanakan oleh  Ta'mir Masjid Syi'arul Islam atau yang biasa disebut TMSI. Sudah tau kegiatanya kan pastinya? Kan udah ada judulunya, hehehe.
Cover Peringatan 1 Muharram 1438 H TMSI

Alhamdulillah kita baru saja melewati tahun baru islam, semoga ditahun yang baru ini kita bisa berbuat lebih baik lagi kedepanya, Aamiin. Pada hari Jum'at, 21 Oktober 2016 TMSI mengadakan sebuah acara Peringatan 1 Muharram 1438H yang lokasinya berada di masjid tercinta, yakni Masjid Syi'arul islma tentunya. Peringatan 1 Muharram 1438H adalah salah satu Proker Sie PHBISebelum acara dimulai, cuaca kurang bersahabat, terjadi hujan yang lumayan lebat. Namun alhamdulillah, hujannya cuma sebentar. Ibaratnya seperti kocor-kocor biar gak bleduk, hehehe.

Peringatan 1 Muharram 1438 H ini bertemakan :

“HIJRAH SEBAGAI MOMENTUM BERBENAH DIRI” 

Mari kita ulas lebih selengkapnya. Ayoo!!
Pada pukul 13:30 para tamu undangan, peserta dan para panitia melaksanakan absensi di serambi masjid bagian timur bagi laki – laki sebelah selatan, dan absensi perempuan dibagian utara. Alhamdulilah, tamu – tamu undangan utamanya Bapak Sumino  dan Bapak Amat Roni serta yang lainnya dapat hadir dengan keadaan sehat wal afiat. Tepat pada sekitar pukul 13:45 acara pun dimulai dengan pembukaan.  Usai pembukaan disampaikan, yang kedua ialah sambutan dari Ketua Pelaksana, yakni Khoirunnisa’ Adji Yuliani.  1 kalimat do'a yang ia ucapakan saat sambutan adalah “Semoga setelah ini kita bisa berbenah menuju yang lebih baik.” Sepertinya belum pernah foto ketua pelaksana dipajang di web TMSI ini. Karena ini awal tahun, maka kita buat beda saja, hehehe. Ini dia wajah ketua pelaksana yang tertangkap kamera :v
Khoirunnisa’ Adji Yuliani
Khoirunnisa’ Adji Yuliani
Setelah itu dianjutkan sambutan oleh Koordinator TMSI yakni Bapak H. Amat Roni, beliau menyampaikan harapanya agar TMSI bisa lebih baik lagi. Setelah itu sambutan terakhir adalah oleh kepala sekolah kita Bapak SUMINO sekalian untuk membuka acara Peringatan 1 Muharram. Beliau sangat senang dan bangga terhadap TMSI karena kerja kerasnya untuk menyiapkan peringatan 1 Muharram ini. Beliau juga bangga akan prestasi TMSI dibidang shalawat, karena hampir setiap lomba selalu membawa nama baik sekolah tercinta. Semoga grup sholawat Syi'arun Nada TMSI terus berkembang menjadi lebih baik lagi.
Pak Sumino bersama Pak Amat Roni
Pak Sumino bersama Pak Amat Roni
Setelah sambutan-sambutan dialanjutkan dengan khatmil qur'an. Khatmil qur'an dipimpin kakak kelas kita Wahyu Ridhani, dan diikuti oleh peserta lainya.

Setelah kegiatan khatmil qur'an selesai, acara selanjutnya adalah materi. Materi ini disampaikan oleh kakak alumni TMSI yang bernama.... Rahmatul Aini, Beliau tinggal di Dsn. Subontoro RT: 03 RW: 13. 
Rahmatul Aini
Rahmatul Aini
Materi yang disampaikanpun sangat menarik, yakni : 

"10 CIRI PRIBADI MUSLIM"

Apa saja ke-10 Ciri Pribadi muslim tersebut? Yuk kita bahas secara singkat saja ^_^

1. Aqidah yang Bersih (Salimul Aqidah)

Dengan aqidah yang bersih, seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat kepada Allah Swt dan dengan ikatan yang kuat itu dia tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan- ketentuan-Nya. 
firman-Nya yang artinya: ‘Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku, semua bagi Allah Tuhan semesta alam’ (QS 6:162).

2. Ibadah yang Benar (Shahilul Ibadah)

Dari ungkapan ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan setiap peribadatan haruslah merujuk kepada sunnah Rasul Saw yang berarti tidak boleh ada unsur penambahan atau pengurangan.

3. Akhlak yang Kokoh (Matinul Khuluq)

merupakan sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh setiap muslim, baik dalam hubungannya kepada Allah maupun dengan makhluk-makhluk-Nya. Dengan akhlak yang mulia, manusia akan bahagia dalam hidupnya, baik di dunia apalagi di akhirat. Karena begitu penting memiliki akhlak yang mulia bagi umat manusia, maka Rasulullah Saw diutus untuk memperbaiki akhlak dan beliau sendiri telah mencontohkan kepada kita akhlaknya yang agung sehingga diabadikan oleh Allah di dalam Al- Qur’an, Allah berfirman yang artinya: ‘Dan sesungguhnya kamu benar- benar memiliki akhlak yang agung’ (QS 68:4).

4. Kekuatan Jasmani (Qowiyul Jismi)

Kekuatan jasmani (qowiyyul jismi) merupakan salah satu sisi pribadi muslim yang harus ada. Kekuatan jasmani berarti seorang muslim memiliki daya tahan tubuh sehingga dapat melaksanakan ajaran Islam secara optimal dengan fisiknya yang kuat. Shalat, puasa, zakat dan haji merupakan amalan di dalam Islam yang harus dilaksanakan dengan fisik yang sehat atau kuat, apalagi perang di jalan Allah dan bentuk- bentuk perjuangan lainnya.
Rasulullah Saw bersabda yang artinya: ‘Mu’min yang kuat lebih aku cintai daripada mu’min yang lemah’ (HR. Muslim).

5. Intelek dalam berpikir (Mutsaqqoful Fikri)

Intelek dalam berpikir (mutsaqqoful fikri) merupakan salah satu sisi pribadi muslim yang penting. Karena itu salah satu sifat Rasul adalah fatonah (cerdas).
Di dalam Islam, tidak ada satupun perbuatan yang harus kita lakukan, kecuali harus dimulai dengan aktivitas berpikir. Karenanya seorang muslim harus memiliki wawasan keislaman dan keilmuan yang luas. Bisa kita bayangkan, betapa bahayanya suatu perbuatan tanpa mendapatkan pertimbangan pemikiran secara matang terlebih dahulu. 
Oleh karena itu Allah mempertanyakan kepada kita tentang tingkatan intelektualitas seseorang sebagaimana firman-Nya yang artinya: Katakanlah:samakah orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui, sesungguhnya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran (QS 39:9).

6. Melawan hawa nafsu (mujahadatun linafsihi)

Berjuang melawan hawa nafsu (mujahadatun linafsihi) merupakan salah satu kepribadian yang harus ada pada diri seorang muslim, karena setiap manusia memiliki kecenderungan pada yang baik dan yang buruk.

7. Pandai menjaga waktu (harishun ala waqtihi)

Pandai menjaga waktu (harishun ala waqtihi) merupakan faktor penting bagi manusia. Allah Swt banyak bersumpah di dalam Al-Qur’an dengan menyebut nama waktu seperti wal fajri, wad dhuha, wal asri, wallaili dan sebagainya. setiap muslim amat dituntut untuk memanaj waktunya dengan baik, sehingga waktu dapat berlalu dengan penggunaan yang efektif, tak ada yang sia-sia.

8. Teratur dalam segala urusan (munzhzhamun fi syuunihi)

Teratur dalam suatu urusan (munzhzhamun fi syuunihi) termasuk kepribadian seorang muslim yang ditekankan oleh Al-Qur’an maupun sunnah. Oleh karena itu dalam hukum Islam, baik yang terkait dengan masalah ubudiyah maupun muamalah harus diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik.
Ketika suatu urusan ditangani secara bersama-sama, maka diharuskan bekerjasama dengan baik sehingga Allah menjadi cinta kepadanya. 

9. Mandiri Secara Ekonomi (qodirun alal kasbi) 

Memiliki kemampuan usaha sendiri atau yang juga disebut dengan mandiri (qodirun alal kasbi) merupakan ciri lain yang harus ada pada seorang muslim. Ini merupakan sesuatu yang amat diperlukan. Mempertahankan kebenaran dan berjuang menegakkannya baru bisa dilaksanakan manakala seseorang memiliki kemandirian, terutama dari segi ekonomi. 
seorang muslim boleh saja kaya raya bahkan memang harus kaya agar dia bisa menunaikan haji dan umroh, zakat, infaq, shadaqah, dan mempersiapkan masa depan yang baik. 

10. Bermanfaat Bagi Orang Lain (nafi’un lighoirihi)

Bermanfaat bagi orang lain (nafi’un lighoirihi) merupakan sebuah tuntutan kepada setiap muslim. Manfaat yang dimaksud tentu saja manfaat yang baik sehingga dimanapun dia berada, orang disekitarnya merasakan keberadaannya karena bermanfaat besar. 
Rasulullah saw bersabda yang artinya: sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Qudhy dari Jabir).

Materi sudah, kegiatan selanjutnya adalah do'a penutup. Do'a dipimpi oleh mas Budi, sebelum do'a mas Budi sempat memberikan ilmu tambahan kepada anggota ta'mir. Setelah do'a penutup pastinya selesai kegitan peringatan 1 Muharram ini. dan dilanjutkan untuk Foto Bersama ^_^

FOTO BERSAMA

Foto Bersama TMSI

Foto Bersama TMSI

Foto Bersama TMSI

Foto Bersama TMSI

Foto Bersama TMSI

Sudah dulu ya artikel kali ini mengenai Peringatan 1 Muharram 1438H TMSI ^_^ Semoga bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa infokan ke temen-temen lainya ya.... Ada kurang lebihnya kami mohon maaf.

Tim Redaksi : Ronny Ardiyanto, Fajar Wahid Rifai, Elok Rizma, Rona Kamila (Klik untuk melihat profilnya)
Bagi temen-temen yang ingin artikelnya dimuat ataupun mengirimkan foto-foto silahkan kirimkan melalui Email : tmsi.smangat@gmail.com | WA : 085 706 049 833


GALERI

Dokumentasi Peringatan 1 Muharram 1438H TMSI SMANGAT

Dokumentasi Peringatan 1 Muharram 1438H TMSI SMANGAT

Dokumentasi Peringatan 1 Muharram 1438H TMSI SMANGAT

Dokumentasi Peringatan 1 Muharram 1438H TMSI SMANGAT

Dokumentasi Peringatan 1 Muharram 1438H TMSI SMANGAT

Dokumentasi Peringatan 1 Muharram 1438H TMSI SMANGAT


Dokumentasi Peringatan 1 Muharram 1438H TMSI SMANGAT





0 Response to "Peringatan 1 Muharram 1438 H TMSI (Ta'mir Masjid Syi'arul Islam)"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^