10 Rahasia Kesehatan Rosulullah SAW

Halo Sobat TMSI - Rasanya lama gak update nih website TMSI. Pada kesemptan yang indah ini kami akan memberikan sebuah artikel yang sangat bermanfaat yakni 10 Rahasia Kesehatan Ala Rosulullah SAW. Apa saja itu? yuk disimak dari awal hingga akhir ya sob ^_^
10 Rahasia Kesehatan Rosulullah SWT
Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim merupakan nabi dan rasul terakhir yang diutus Allah SWT. kepada seluruh umat manusia. Beliau adalah manusia paling sempurna yang patut menjadi panutan dan suri tauladan untuk umat manusia. Bahkan, seorang penulis Amerika bernama Michael H. Hart meletakkan Rasulullah pada posisi pertama dalam bukunya yang berjudul 100 Orang Paling Berpengaruh di dunia. Banyak sekali cerita kehidupan Nabi Muhammad SAW. yang dapat dijadikan pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :

Bicara tentang kehidupan Rasulullah, mari kita sedikit gali tentang kesehatan beliau. Tahukah Anda? Dalam sebuah Riwayat dijelaskan bahwa selama hidupnya Rasulullah hanya menderita sakit sebanyak 2 kali, yaitu ketika diracuni oleh seorang wanita Yahudi dan ketika menjelang beliau wafat. Hal ini tentu saja mengindikasikan  bahwa Rasulullah memiliki fisik yang luar biasa. Lantas, apa yang membuat Rasulullah tidak pernah mengalami sakit? Salah satu ajaran dari Rasulullah adalah berpola hidup sehat. Rasulullah sebagai taudalan yang baik, telah memberikan contoh hidup yang sehat. Cukup ikuti pola hidup Rasulullah, Insyaallah anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Berikut pola hidup sehat dari Rasulullah :

1. Makan makanan yang halal dan baik.

Rasulullah hanya memakan makanan yang halal dan baik seperti : ikan laut segar, buah-buahan(tin, zaitun, kurma, anggur, delima), madu dging, susu dan biji-bijian (gandum). Sementara minuman yang paling disukai Rasulullah adalah minuman manis yang dingin.

2. Tidak berlebihan.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah : “Kita(kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.” Kini, hadits tersebut telah terbukti melalui penelitian modern.

3. Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal.

Rasulullah tidak menyarankan umatnya untuk begadang. Karenanya, beliau tidak menyukai makan dan berbincang-bincang selepas Isya. Jika sudah saatnya tidur, maka Rasulullah SAW akan langsung tidur. Tidur yang tepat adalah selepas Isya, kurang lebih pukul 21.00, lalu sebaiknya bangun pada sepertiga malan sekitar pukul 03.00 untuk shalat malam.

4. Rutin berolahraga.

Rasulullah merupakan sosok yang gemar berolahraga, beliau tidak segan mengajak istrinya Aisyah RA dan juga menanjurkan anak-anak agar dilatih memanah, menunggang dan berenang. Rasulullah juga melkukan berbagai jenis olahraga dan beliau juga terkenal sebagi jago gulat. Ini menunjukkanbahwa tubuh beliau tidak hanya sehat, namun juga kuat.

5. Rajin berpuasa.

Puasa wajib/sunnah yang ditekankan adalah puasa sehat tanpa mendzolimi diri sendiri. Dianjurkan mengakhiri shur dan menyegerakan berbuka.

6. Sholat khusyuk.

Rasulullah SAW senantiasa mendirikan sholat di awal waktu dan berjamaah plus sholat sunnah. Ibadah wajib untuk seluruh mukmin bahkan dalam keadaan sakit. Ibadah ini dapat menjaga kesehatan jiwa dan raga.

7. Habbatussauda.

Selain “gaya hidup” Rasulullah SAW yang sepenuhnya sehat, beliau juga mengnjurkan untuk rutin mengkonsumsi herbal, diantaranya habbatussauda(jintan hitam), kurma, madu dan berbekam jika sakit.

8. Menjaga kebersihan.

Rasulullah SAW selalu tampak bersih dan rapi. Setiap hari kamis atau jumat beliau bersiwak, memakai minyak wangi, mencukur rambut di pipi dan memotong kuku.

9. Gemar berjalan kaki.

Rasulullah SAW selalu berjalan kaki ke Masjid, pasar, medan nihad, mengnjungi rumah sahabat, dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah akan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit janutng.

10. Tidak pemarah.

Nasihat Rasulullah SAW “Jangan Marah” diulang sampai 3 kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan db kekuatan Muslim bukan terletak pada jasadiyah belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa. Orang pemarah terbukti sering mengalami sakit sepertidarah tinggi, gangguan pencernaan, sakit kepala, sakit jantung dan depresi.

Ternyata hidup sehat tidaklah sulit, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untu berobat atau membeli vitamin. Cukup ikuti sunnah Rasulullah SAW maka insyaallah hidup anda akan sehat jasmani dan rohani.
Sudah siapkah anada hidup sehat seperti Rasulullah?


Sekian artikel tentang 10 Rahasia Kesehatan Rosulullah SAW. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa bagikan ke teman atau saudara kalian ya... ^_^

Kiriman : Hamba Allah
Bagi teman-teman yang mau mengirimkan artikelnya, silahkan kirimkan melalui :
E-mail : tmsi.smangat@gmail.com
WA : 085 706 049 833



0 Response to "10 Rahasia Kesehatan Rosulullah SAW"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^