Kaderisasi Kepemimpinan Islam TMSI 2016/2017

Assalamualaikum sobat TMSI. TMSI baru saja melakasanakan KKI atau Kaderisasi Kepemimpinan Islam untuk angkatan 2016/2017. Berbeda dari KKI dari tahun sebelumnya, KKI tahun ini diikuti oleh kelas 10 maupun kelas 11 dan dipanitiai oleh kelas 12. Tujuan dari hal ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan dan kekompakan anggota kelas 10 dengan kelas 11. KKI ini dilaksanakan pada 17-18 September 2016 dengan tema 
“Menjadikan Kader Muda yang Mu’ahadah, Mujahadah, Muraqabah, Muhasabah, dan Mu’aqabah” 
Sebelum bercerita lebih lanjut, mari kita pahami dulu arti dari tema tersebut.
  1. Mu’ahadah artinya ingat janji. Jadi kita harus selalu ingat janji kita ketika kita masuk ke organisasi TMSI.
  2. Mujahadah adalah bersungguh-sungguh melaksanakan tugas. Jadi ketika kita diperintah untuk menjalankan tugas di TMSI maka kita harus bersungguh menjalankan tugas tersebut dengan baik.
  3. Muraqabah adalah merasa selalu diawasi. Jadi ketika kita bekerja, merasalah bahwa kita itu diawasi oleh Allah.
  4. Muhasabah adalah intropeksi diri. Apabila kita berbuat kesalahan, sudah sepatutnya kita melakukan intropeksi diri. Agar untuk kedepannya bisa lebih baik lagi.
  5. Mu’aqabah adalah memberi sanksi terhadap diri sendiri. Setelah kita intropeksi diri bahwa kita merasa salah. Buatlah sanksi kepada diri sendiri untuk mendapat balasan yang setimpal dari perbuatan kita.
       Pada Sabtu, 17 September 2016 siswa SMAN 1 Srengat dipulangkan lebih awal karena ada salahsatu dari orang tua guru yang meninggal dunia. Jadi panitia serta peserta KKI bisa bersiap-siap lebih awal untuk acara KKI tersebut. Pukul 13.30 cuaca tidak begitu bersahabat, namun para peserta mulai berdatangan ke sekolahan dan berkumpul sesuai sienya untuk pengecekan barang yang dibawanya. Pukul 14.00-14.15 mulai dibuka absensi untuk peserta. Untuk sie PTIK melakukan absensi yang pertama dan diikuti oleh sie-sie lainya. Namun yang disayangkan banyak dari peserta yang terlambat absensi dan mendapat bolpoin merah.

       Setelah absensi, peserta masuk ke dalam masjid untuk acara pembukaan dan sholat ashar berjamaah. Setelah itu peserta digiring ke base camp oleh PK dan melakukan bersih-bersih camp. Setelah bersih-bersih selesai, ada sedikit ketegangan ketika peserta diperintah oleh tim TATIB untuk berkumpul di taman tengah untuk melakukan pengenyekan ATK. Setiap sie berbaris lurus kebelakang. Selanjutnya tim TATIB membacakan daftar ATK nya. Bagi yang salah atau tidak membawa ATK terkena hukuman menulis Ayat Kursi setiap 3 kesalahan dengan pembulatan keatas.
Pengecekan ATK KKI
Pengecekan ATK KKI
       Setelah pengecekan ATK, para peserta kembali ke camp untuk mengembalikan ATK yang baru saja diperiksa. Kemudian para peserta pergi ke masjid untuk menerima materi pertama dan selesai ketika maghrib. Selanjudnya semua melakukan sholat maghrib berjamaah. Setelah itu tadarus bersama hingga tiba waktunya sholat isya dan melaksanakan sholat isya berjamaah.

       Waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba. Saatnya Makaannnn.... ^_^ Tapi... gak langsung makan sih -_- tapi kita harus di sikep dengan kain hitam dulu dan di puter-puter keliling lapangan dan di kembalikan ke masjid.
Muter-muter sebelum makan
Muter-muter sebelum makan
Ketika duduk di masjid, sudah mulai terasa bau makanan dihapan kita ^_^ Kemudian peserta membuka kain hitam dan melihat satu leser makanan yang diharuskan untuk dihabiskan :D Kerukunan dan keakraban sangat terasa di momen ini ^_^ Makan sudah, minumnya pun Cuma 1 botol air mineral besar untuk satu sie, hihihi. Yang jelas akrab bener dah :D
Serunya Ketika makan bersama
Serunya Ketika makan bersama 
       Makan, minum sudah. Saatnya materi ke dua tentang Ta’lim Muta’alim. Pada materi ini, kita seperti anak pondok sedang ngaji kitab. Saat materi cukup lama, tiba-tiba tercium semerbak harumnya kopi :D Setelah materi selesai, peserta diberi sebuah kopi dan dipersilahkan untuk kembali ke camp untuk mengerjakan tugas hukuman ayat kursi dan apabila sudah selesasi disuruh untuk segera tidur. Namun, namanya juga tidur bersama, pasti ga tidur-tidur lah... Sampai sampai tim TATIB mondar mandir untuk menyuruh tidur. Karena sudah malam juga, maka kita akhirnya tidur juga. -_-

       Gradakkkk! “Bangun-bangun....” tepat jam 2 pagi, tim TATIB membangunkan peserta dan disuruh untuk segera cuci muka. Dengan perasaan peserta yang bermacam-macam akhirnya bangun juga -_-. Setelah cuci muka, kita disuruh kumpul lagi dengan membawa kain hitam berserta lilin. Kelas 10 dengan 11 dipisah lokasinya. Kelas 10 diputer-puter dan di arahkan ke depan joglo dan kelas 11 dibawa ke lapangan basket dan membuat sebuah lingkaran besar dengan mata tertutup dengan lilin yang menyala.
Suasana saat renungan malam
Suasana saat renungan malam
       Dan dimulailah renungan malah oleh tim TABTIB dan ALUMNI. Huusstt.... Gak saya bahas disini isi renungan lengkapnya :v intinya kita dimotivasi agar bisa lebih baik lagi kedepanya dalam mengurus organisasi TMSI.

       Setelah renungan kita semua diarahkan ke masjid untuk melaksanakan sholat malam, sholat subuh, dan dilanjutkan tadarus al-quran.Setelah itu peserta diberi kebebasan waktu untuk bersih diri dan kembali ke lingkungan masjid untuk melakukan senam bersama.
Senam dulu biar semangat
Senam dulu biar semangat
Setelah senam bersama kita Makannnn bersama lagi ^_^ Setelah makan.
Sarapan dulu sebelum jelajah
Sarapan dulu sebelum jelajah
Setiap sie bersiap untuk jelajah. Hmm.... untuk game nya rahasia :p biar yang ikut KKI aja yang tau :D
Laporan seblum permainan dimulai
Laporan seblum permainan dimulai
       Setelah semua sie telah sampai dari jelajah, selanjudnya diadakan sosialisasi proker.
Materi ^_^
Materi ^_^
Dan dilanjudkan materi terakhir tentang Spiritual dan di akhiri penutupan dan pembagian hadiah. Dan para peserta bisa pulang ke rumahnya masing-masing. ^_^

       Sudah dulu ya cerita tentang KKI kali ini, ini ada beberapa kiriman kritik saran serta pengalaman dari temen-temen yang mengikuti KKI :D
Alhamdulillah kegiatan KKI 2016/2017 telah dilaksanakan. Kegiatan KKI memberikan banyak cerita dan pengalaman. KKI memberikan cerita tersendiri untuk masing-masing peserta. Cerita yang mungkin paling dikenang adalah saat dimarahi oleh kakak-kakak Tatib karena melanggar ketentuan. Serta makan bersama tetapi sebelum makan, para peserta diharuskan untuk berbaris dan menutup mata dengan kain hitam. Kemudian pengalaman ketika jelajah dan diberi motivasi oleh kakak kakak alumni. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari kegiatan tersebut. Untuk kegiatan KKI tahun depan semoga semakin seru, makin semangat, makin berkah, makin luar biasa ! (Rizka)
Assalamu'alaikum. Kesan saya bwat KKI kmrin seru.. Bisa lbh dekat satu sama lain tapi acaranya kurang banyak. Nah efeknya kurang greget kompaknya  .untuk PK dan para Tatib trmksh perhatiannya yang di berikan  . Untuk pesan bagi kls 10 smngat kedepannya buat lbh jaya TMSI. Untk kls 11 cowok khssnya hari jum'at jangan di sia"kan. Pahala berceceran. Trmksh untk semuanya. Yang Lillah dalam apapun. TMSI jaya berkah luar biasa (YY)
Kenapa nggak ada pensi pas malem? Kan bisa buat hiburan trutama buat tim tatib  
Terus kenapa nggak diadkan DU jadikan bisa gampang cari makanan kalo pas kelaparan hehe
Motivasi dari kakak" tatib gk pernah dilupain justru itu yg membangun smangat anak" agar lebih smngat lagi dalam berorganisasi
Yang paling berkesan itu pas makan bareng satu sie dan khataman kekeluargaannya itu dapet banget
Saran
Semoga tmsi tahun ini lebih maju lagi sampai periode" seterusnya , mudah"an banyak yg mengikuti organisasi tmsi, dan mensyiarkan agama islam amin        tak lupa lagi semoga yg ikut KKI jadi anggota terus jangan sampai ada yang keluar.Sekian (ZC,PH)
1. ngaji kitab tidak efektif untuk materi puncak kki kmrn   , gk smua peserta ngerti. Ngaji kitab mungkin bisa dilaksanakan apabila sudah diadakan acara rutin tmsi ex:setiap jum'at.
2. Untuk panitia misskom ada acara yg gagal, bnyak yg cuma "ndorong"
By 085736129784
Kesan saat mengikuti KKI campur aduk. Senang, seru, haru, smangat, pokoknya lengkap. Buat tatib cantik" waktu penutupan. Karna ada senyumnya. Khususnya buat tatib yg wajahnya paling serem.
Makasih buat alumni TMSI, yg sudah kasih motivasi untuk kami, smoga TMSI Smangat bisa lebih maju dan kompak, serta bisa memakmurkan Masjid Syi'arul Islam.
Khusus untuk Sie PSDM, makin aktif dan smangat ya.
Oj sui suii..      
Berliana Nur Laili
Sie PSDM 
kritik : KKI 2K16 ini sudah baik, namun materi tentang keorganisasian dan kepemimpinan saya rasa masih kurang maksimal
saran : ada baiknya materi keorganisasian dan kepemipinan ditambah supaya anggota baru lebih mengenal keorganisasian dan kepemimpinan dengan baik sehingga takmir dapat lebih baik kedepannya  (Andon)
Assalamualaikum
Menurut saya pada saat KKI kemarin ada yang membuat saya sangat tidak nyaman, yaitu saat tatib pria membangunkan para peserta wanita dengan tiba-tiba. Padahal saat itu banyak peserta yang auratnya masih terbuka. Menurut saya itu sangat tidak sopan. Mohon selanjutnya jangan diulangi. Sekian terima kasih 
Aku cuma saran ae, untuk anggota takmir periode ini jgn lupa sama pesen kakak2 e, jaga terus kemakmuran masjid, jaga solidaritas, jaga nama baik takmir, hargai semua yg ada di takmir, termasuk kakak kelas juga.. terimakasih (MJ)
Itu dia kritik dan saran dari temen-temen yang mau mengirimkan pendapatnya. Bagi temen-temen yang mau mau mengirimkan cerita, pengalaman, kritik dan saran untuk acara KKI kemarin. Silahkan kirimkan ke 085706049833 (WA Only) Ditunggu lho.... ^_^

Reporter By PTIK 2016 

Tim Redaksi : Fajar, Elok Rizma H, Zulfa Ilma Nuriana, Rizka Khoirunnisa, Rona Kamilia, Apriliya Dwi.


0 Response to "Kaderisasi Kepemimpinan Islam TMSI 2016/2017"

Posting Komentar

Yuk belajar aktif dengan cara berkomentar dengan sopan dan relevan ^_^